Cara Menata Rumah Minimalis

Saat ini sebagian besar model rumah, khususnya perumahan, lebih memilih gaya minimalis. Entah karena lahan yang semakin sempit atau karena memang mengacu oada kepraktisan sehingga semua menjadi serba multifungsi.

Untuk mensiasatinya, berikut beberapa langkah efisien dan efektif dalam menata dan merawat rumah minimalis.
  • Memanfaatkan Ruang
Ruang-ruang kosong bisa bermanfaat bila Anda cermat. Tempat meletakkan barang bisa Anda pilih di ruang yang sebelumnya Anda biarkan kosong. Misalnya di bawah tangga, Anda dapat menempatkan perabotan atau perkakas atau sebagai storage. Bisa juga di bawah wastafel untuk menyimpan barang.
  • Faktor Pencahayaan
Pencahayaan dalam ruangan perlu Anda perhatikan. Sinar cahaya lampu yang Anda dapat manfaatkan berwarna kuning dan putih. Cahaya lampu berwarna kuning memberi kesan lebih hangat, alami, dan romantis. Sementara cahaya lampu berwarna putih memberi kesan formal, luas, dan bersahabat. Penempatan lampu di tiap ruangan jaraknya juga perlu Anda sesuaikan.
  • Letak Jendela dan Pemilihan Kaca
Aturlah letak dari jendela-jendela Anda agar posisinya tepat. Gunakan ukuran jendela yang tidak besar dan kaca tidak bermotif. Pasanglah jendela dengan posisi yang tepat agar mampu menyerap sinar matahari. Tak hanya itu, juga berguna memberi kehangatan dan membantu sirkulasi udara dalam rumah. Untuk pemakaian kaca di dalam rumah, carilah posisi yang membuat rumah terlihat luas dari kaca tersebut.
  • Cat Dinding
Warna terang sangat cocok untuk cat dinding. Jika Anda memilih warna gelap, maka kesan yang akan ditampilkan adalah ruangan rumah lebih sempit dan lesu. Kalau Anda senang memakai wallpaper, pilihlah yang bermotif ringan dan berwarna lembut. Motif misalnya garis tipis atau kotak tipis. Tujuannya untuk mengistirahatkan pandangan mata.
  • Tangga Dibuat Ringan
Pilihlah tangga dari bahan yang ringan bila rumah Anda terdiri dari dua lantai. Ini agar terlihat tidak memakan ruangan yang sudah sempit. Di bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk menempatkan barang. Tapi ingat agar ruangan tidak terlihat berantakan, hindari menumpuk barang di bawah tangga.
  • Pemilihan Furnitur
Sebaiknya Anda memilih furnitur dengan desain sederhana. Pilih juga warna furnitur yang lembut. Tujuannya agar menghasilkan efek luas dan ringan. Sebagai sentuhan alam, masukkan unsur-unsur alam seperti tanaman dalam pot atau bunga di dalam rumah.
  • Pakailah Cermin
Tak hanya untuk melihat penampilan sehari-hari sebelum keluar rumah, cermin juga bisa menyiasati ruang yang sempit. Pasanglah cermin di sudut rumah tertentu. Cermin tidak usah terlalu besar dan terlalu banyak. Pilihlah tempat di ruangan yang memberikesan luas bila cermin diletakkan di sana.

Semoga tips menata rumah minimalis ini bermanfaat bagi Anda.


0 Response to "Cara Menata Rumah Minimalis"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.