Bass Gitar : Pengertian, Jenis, Cara Tuning, Bahan Baku dan Konstruksi

Secara garis besar bermain bass adalah salah satu bagian dari bermain musik. Karena itu teori musik secara umum berlakuk dalam metode bass ini. Sebelum Anda melangkah lebih lanjut untuk mempelajari bass secara teoritis, sebaiknya Anda mengenal dulu bagian demi bagian dari alat musik tersebut. Termasuk jenis, tuning, bahan baku, dan konstruksi.

Jenis-jenis Bass

 Jenis instrument bass terdiri dari berbagai produk berdasarkan kebutuhan dan karakter pemain, yakni sebagai berikut :
  • akustik up right (fretless)
  • elektrik up right (fretless)
  • semi akustik freted dan fretless
  • eelektrik freted dan fretless
  • elektrik double neck bass & gitar
  • elektrik freted double string
  • dan lain sebagainya
Pada mulanya bass gitar berdawai 4, tapi kemudian teknik bermain bass menuntut ahli dan pembuat bass gitar melengkapinya dengan 5 senar, 6 senar, dan malah terkadang dilengkapi dengan senar rangkap dua (double string) yang tersusun dalam nada oktaf untuk nada senar lepas. Nada-nada lainnya ditentukan berturut sesuai dengan tangga nada musik secara umum.

Bass Empat Senar

Bass Lima Senar

Bass Enam Senar


Contohnya, bass 5 dan bass 6 senar dimulai dengan senar pertama yaitu senar lepas B naik + nada (1 fret) = C, naik 1 nada (2 fret), berikutnya = D, naik 1 nada (2 fret), berikutnya = E atau bisa juga senar lepas E (senar kedua) dj bawah senar lepas B yang juga menjadi senar pertama dari jenis bass 4 senar dan seterusnya.

Bagian-bagian Bass Gitar


Cara Tuning Bass

Tuning untuk mendapatkan nada yang tepat pada setiap senar dengan menggunakan berbagai cara yang akan dijabarkan sebagai berikut :
  • Garpu Tala
Dengan patokan nada C (senar A, fret ke 3) untuk mendapatkan nada A pada senar lepas A. Setelah itu berlanjut untuk menyamakan bunyi nada A pada senar E pada nada A pada senar A lepas tadi.

Nada D pada senar A dengan nada D pada senar lepas D, nada G pada senar D dengan nada G pada senar lepas G.
  • Tuner Elektronik (Analog/Digital)
Adalah yang paling efisien dan sanggup menunjukkan setiap nada pada bass gitar. Hubungkan out put bass gitar Anda dengan input tunner elektronik. Petik senar lepas yang hendak di-tune. Kontrol nada senar lepas tadi dengan memutar tuning machine pada head bass gitar hingga mencapai nada yang diinginkan.
  • Fine Tuning Dengan Menggunakan Nada Harmonic
Yaitu dengan memetik senar lepas yang disentuh ringan oleh jari kiri tepat di atas kawat fret ke 5, ke 6, dan ke 12. Setelah mendapat nada kira-kira dari setiap senar lepas, bunyikan nada senar harmonic pada senar G di atas fret ke 6 bersamaan dengan nada harmonic pada senar D di atas fret ke 7. Dua bunyi nada harmonic yang sama terdengar bersamaan. Bila pitch nadanya kurang tepat, kedua nada tadi terdengar bergelombang.

Bahan Baku Bass
Kayu maupun logam untuk membentuk bass gitar menentukan karakter bunyinya.
  1. Dalam keadaan tanpa amplifier, bunyi nada terdengar solid dan jernih.
  2. Dalam keadaan tanpa amplifier, bunyi nada harmonic terdengar jelas.
  3. Dalam keadaan dengan amplifier, balance antara pick-up depan (dekat neck) dan dekat belakang (dekat bridge) tidak saling tahan atau auto-faced (tabrakan frekuensi).
Konstruksi Bass
Secara standar konstruksi bass gitar dinyatakan dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Neck harus lurus atau diluruskan dengan memutar kunci trust road yang biasanya terletak pada pangkal head atau pada pangkal neck.
  • Ketebalan kawat fret secara umum setebal 2 milimeter untuk mendapatkan kejernihan bunyi senar yang maksimal. Kurangnya ketebalan fret bagi tekanan porsi jari Anda mengakibatkan noise (kotor).
  • Ketinggian jarak antara senar dan permukaan kawat fret pertama sekitar 1 milimeter, ditentukan oleh tinggi nut.
  • Ketinggian jarak antara senar dan fret terakhir maksimum sekitar 3 milimeter, ditentukan oleh tinggi bridge.
  • Antara jarak senar dan pick-up sekitar + 1 inci ditentukan dengan menaikturunkan pick-up pada posisinya. Jarak yang terlalu dekat antara senar dan pick-up mengakibatkan ground (feedback) yang berlebihan, sedangkan kalau terlalu jauh mengakibatkan kesan bunyi yang buram atau bergulung.
  • Neck bass gitar menyatu dengan body (neck throug) memiliki kelebihan gain dan sustain, tetapi dengan risiko lebih fatal dibandingkan neck sambungan (Bolton) bila terjadi kerusakan pada neck.
  • Panjang neck selain menentukan jumlah oktaf nada juga mempengaruhi tensi senar dan sekaligus mempengaruhi keadaan bunyi. Semakin panjang neck, semakin berat tensinya dan semakin meningkat kepadatan bunyinya. Biasanya panjang ukuran neck ini diistilahkan dengan long scale dan short scale.
  • Ketebalan body dan neck bass gitar jelas berpengaruh bagi karakter bunyi. Tapi pengaruh ini sebenarnya lebih banyak lagi datang dari kepadatan serat kayu yang menjadi bahan baku bass gitar. Terutama bahan baku neck bass gitar, karakter bunyi bass gitar secara garis besar ditentukan oleh bahan baku maupun teknis juga neck.
  • Tujuan mengenal konstruksi bass gitar adalah untuk menempatkan focus getaran suara yang diproduksi oleh senar dan bass gitar secara keseluruhan.

0 Response to "Bass Gitar : Pengertian, Jenis, Cara Tuning, Bahan Baku dan Konstruksi"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.