Pengertian Gitar



Gitar adalah alat petik berdawai senar. Gitar dapat menghasilkan melodi dan akor dalam jumlah dan variasi yang banyak dibandingkan dengan alat musik lain.

Gitar terdiri dari beberapa bagian. Bagian penting gitar di antaranya head atau kepala, finger board atau papan kari dan body atau badan.





Peg : penggulung senar untuk mengatur nada senar.
Frets : garis melintang pembatas wilayah nada yang terbuat dari logam.
Sound Hole : lubang untuk mengeraskan suara senar gitar.
Head : kepala gitar sebagai dudukan peg.
Finger Board : papan tumpuan untuk menekan senar dengan jari.
Body : badan gitar







Memainkan gitar tidak dituntut dengan gaya terterntu. Semua terserah gitaris sendiri. Memainkan gitar adalah keharmonisan menggunakan jari tangan kanan dan jari tangan kiri.  Memainkan alat musik gitar sebenarnya gampang-gampang susah, semua tergantung orangnya. 

Ada dua cara memainkan gitar. Pertama digenjreng (dikocok), kedua dipetik. Memetik juga ada dua cara, yakni menggunakan jari dan menggunakan alat bantu petik yang disebut pick atau klaber. Bagi Anda yang baru belajar biasakan dulu digenjreng atau dikocok dan menghafalkan chordnya dan baru pelan-pelan belajar memetik.

Kalau Anda menggunakan pick, biasakan memetiknya harus naik turun atau up and down agar kelihatan lebih rileks saat memainkan gitar. Yang harus Anda perhatikan saat belajar gitar adalah cara memetik harus konstan antara jari satu dan jari lain dan yang utama Anda harus benar-benar sabar, jangan terlalu terburu-buru karena semua tergantung kepada Anda sendiri.

Memetik senar menggunakan pick. Pick dipegang dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Digerakkan bolak-balik dari atas ke bawah pada senar gitar.

Senar Gitar
Alat musik gitar memiliki enam senar yang berurutan dari yang berukuran paling kecil hingga paling besar. Senar paling kecil terletak paling bawah dan ditandai angka 1, senar paling besar terletak paling atas dan ditandai angka 6 dan ukurannya macam-macam. Kebanyakan gitaris profesional menggunakan senar-senar khusus atau senar pesanan yang sesuai dengan karakter si gitaris.




Nama-nama gitaris yang menggunakan senar khusus :
  • Mancanegara
Slash (mantan gitaris Guns N' Roses yang sekarang menjadi gitaris Velvet Revolver)
Stevi Vai (mantan gitaris Whitesnake, sekarang merilis album solo)
Joe Satriani (merilis album solo)
Paul Gilbert (mantan gitaris Mr. Big, sekarang merilis album solo dan gitaris Racer X)
  • Dalam Negeri
Ian Antono (gitaris God Bless)
Edo (mantan ditaris Voodoo)
Piyu (gitaris PADI)
Dewa Bujana (gitaris GIGI dan juga merilis album solo)

Contoh di atas itu hanya sebagian kecil, masih banyak gitaris-gitaris yang menggunakan senar khusus. Bagi Anda yang baru belajar gitar tidak ada salahnya mengenal bagina-bagian gitar agar lebih nge-SOUL (lebih menjiwai). Karena bermain gitar yang baik adalah bermain dri hati dan disalurkan lewat gitar.

Belajar gitar tidak harus di tempat-tempat kursus (sekolah musik), bukan berarti tempat sekolah musik tidak bagus. Karena Anda bisa belajar melalui buku dan pengalaman Anda bermain musik dan kemajuan bermain Anda tergantung dari diri kamu sendiri.

0 Response to "Pengertian Gitar"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.