Masker Buah Naga Merah Cegah Penuaan Dini

Di balik bentuknya yang terlihat seram, buah naga merah ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan. Kandungan antioksidan di dalam buah naga merah bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Benarkah?

Hylocereus polyrhizus atau yang biasa disebut dengan buah naga merah tidak berbeda jauh kandungannya dengan buah naga putih. Hanya yang membedakan adalah warna daging buah dan kandungan antioksidannya yang lebih tinggi. Memiliki rasa manis dan sedikit asam dan  menyegarkan membuat banyak orang menyukai buah ini. Buah yang berfungsi untuk  menghilangkan dahaga ini pertama dibudidayakan di Amerika Tengah yang tepatnya berasal dari Meksiko.

Buah naga merah disebut sebagai buah naga yang paling dominan di antara buah naga lain karena memiliki aroma fruity dan memiliki rasa yang manis. Kandungan senyawa dalam buah naga merah antara lain seperti, gula sederhana, serat alami, betakaroten, kalsium, lemak, fosfor, protein, vitamin B1, B2, dan C, serta air dan masih banyak lagi. Buah naga memiliki manfaat yang beragam, secara garis besar buah naga merah dapat menghilangkan rasa dahaga, karena kandungan air yang terdapat pada buah naga mencapai 91 % dari berat total pada daging buah naga.

Selain itu, kandungan serat 'yang terdapat pada buah naga sangat tinggi. Serat fiber sangat dibutuhkan untuk melawan dan mencegah penyakit antara lain serangan jantung, stroke serta penyakit kardiovaskuler lainnya. Sementara itu kandungan betakaroten yang tinggi juga mampu mengaktifkan kinerja vitamin A sehingga bisa memperbaiki kualitas penglihatan, reproduksi serta metabolisme tubuh.

Buah naga merah, tidak hanya dapat dinikmati sebagai buah segar atau dijadikan jus saja. Selain dapat menurunkan kadar gula darah dan kesehatan lainnya, buah yang memiliki bentuk oval dan bersisik pada kulitnya serta memiliki warna merah pada daging buah dengan biji hitam kecil di dalamnya ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk kecantikan alami sebagai pencegah penuaan dini.

Dijadikan Masker
Buah yang banyak mengandung vitamin ini dapat dijadikan sebagai bahan utama untuk pembuatan masker yang berfungsi membersihkan kulit sehingga tampak bercahaya. Karena dalam buah naga merah banyak mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Namun masih banyak orang yang belum memanfaatkan buah naga merah sebagai bahan untuk perawatan kecantikan kulit.

Buah naga merah memang dapat diajdikan sebagai bahan umtuk mencegah penuaan dini. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah naga merah juga dapat dijadikan sebagai masker untuk bahan kecantikan. Kandungan senyawa aktif yang ada pada kulit buah naga merah yaitu pentacyclic dan taraxast ampuh untuk menjaga dan melindungi kelenturan pembuluh darah. Selain itu, kandungan senyawa aktif yang ada dalam daging buah naga merah seperti antioksidan, vitamin C, dan flavonoid, memiliki khasiat untuk menagkal radikal bebas, melancarkan sirkulasi darah, serta mampu mencegah penuaan dini atau antiaging.

Cara Membuat Buah Naga Merah
Pembuatan masker dari buah naga merah sangat mudah, seluruh bagian buah dapat digunakan. Mulai dari kulit dan buah dapat dijadikan masker. Masker buah naga merah dapat dibuat sendiri dengan cara, siapkan buah naga merah yang masih segar dan bukan yang palsu. Sebaiknya dalam memilih buah naga merah harus berhati-hati, karena banyak buah naga merah palsu atau buah naga putih yang disuntik dengan pewarna merah.

Selanjutnya masker bisa dibuat dengan menggunakan kulit buah naga merah saja atau daging buah naga merah saja atau bisa juga dengan mencampurkan kulit dan buahnya. Kemudian kulit atau buah naga merah dipotong kecil-kecil dan dihaluskan dengan cara diblender hingga benar-benar halus. Lalu disaring dan masker buah naga merah langsung dapat digunakan.

Jika sudah menjadi masker, gunakan pada wajah dengan cara mengoleskan masker buah naga merah secara merata pada seluruh bagian wajah dengan menggunakan kuas secara perlahan. Diamkan kurang lebih selama 10 hingga 15 menit, lalu bersihkan wajah sampai benar-benar bersih. Untuk penggunaan tahap awal sebaiknya gunakan satu sampai dua kali sehari. Setelah dirasakan khasiat dan perubahan pada kulit wajah, untuk maintenance dan perawatan selanjutnya dapat digunakan satu hingga dua kali dalam seminggu. Selain sebagai masker wajah, masker buah naga juga dapat digunakan untuk tubuh.

Karena masker buah naga merah murni dari bahan alami, maka tidak ada efek samping dalam pemakaian masker, hanya saja perlu diwaspadai dalam memilih buah naga merah yang asli dengan buah naga merah yang telah disuntik. Selain itu buah naga merah dapat membuat wajah terlihat lebih cantik dan segar. Pasalnya, buah naga merah dapat mengatasi masalah jerawat yang timbul, mengatasi masalah kulit kering, kulit kusam dan masalah kulit lain dari dalam maupun dari luar.

Buah naga merah juga dapat membantu program diet. Pasalnya, kandungan serat larut dalam buah naga sangat efektif yang dapat melancarkan saluran pencernaan dan melancarkan buang air besar. Bagi yang ingin memiliki berat badan ideal secara alami dan menyehatkan sebaiknya rutin konsumsi buah naga yang menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan tanpa efek samping.

Manfaat Lain
Selain manfaat sebagi bahan untuk kecantikan, buah naga merah masih memiliki berbagai manfaat. Dengan makan buah naga secara rutin setiap hari, dapat membantu mengatasi masalah sistem pencernaan sehingga tidak akan terkena sembelit. Pasalnya, kandungan serat yang ada dalam buah naga sangat melimpah. Kandungan vitamin C tinggi yang terdapat dalam buah naga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Adanya kandungan fosfor dan kalsium dalam buah naga dapat menyehatkan tulang dan gigi. Manfaat lain pada buah naga dapat digunakan untuk kesehatan janin pada ibu hamil. Dengan konsumsi buah naga secara rutin, maka secara tidak langsung pertumbuhan tulang dan gigi pada janin akan lebih sehat dan anak tidak akan mudah terkena sakit gigi. Selain itu kandungan asam folat mampu mempercepat pertumbuhan jaringan otak. Asam folat juga mencegah janin terkena tabung syaraf serta mencegah bayi untuk lahir prematur. Jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan cantik, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi buah naga merah dan menggunakan masker buah naga merah secara rutin. 

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment