Tetap Modis Di Musim Hujan

Meski curah hujan tinggi dan Anda harus beraktivitas di tengah hujan, bukan berarti penampilan berantakan. Anda bisa tampil modis ataupun fashionable meski cuaca dingin dan curah hujan sangat tinggi. Tanktop bisa dipadukan dengan cardigan ataupun jaket kulit. Seperti apa?

Saat ini sedang musim hujan dengan curah hujan yang cukup tinggi. Hujan bisa terjadi sepanjang hari, tetapi esok harinya cuaca bisa sangat terik. Atau pagi hujan dengan siang yang sangat panas, serta sore dan malam harinya kembali hujan. Ketika musim hujan, gaya berbusana tetap harus menarik dan modis. Terkadang karena hujan sepanjang hari, wanita banyak yang tampil seadanya dan tidak memedulikan penampilan.

Busana yang digunakan di musim hujan, umumnya tidak berbeda jauh dengan busana yang digunakan di musim kemarau. Pasalnya, cuaca Indonesia tropis dan suhunya tidak berbeda begitu jauh ketika ada pergantian musim. Berbeda dengan di negara-negara yang memiliki empat musim seperti semi (spring), musim panas (summer), musim gugur (fall) dan musim dingin (winter).

Tips Berbusana
Lantas bagaimana berbusana yang modis dan gaya ketika musim hujan? Berikut penjelasan dari Juwita Pohan, fashion stylist yang pernah menangani beberapa artis seperti Rianti Cartwright, Dhea Seto, Ashilla Blink dan Iain-Iain:
1. Di musim hujan seseorang bisa memakai cardigan, sweater rajutan, jaket kulit ataupun blazer. Cardigan, sweater rajutan, jaket kulit dan blazer digunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca yang dingin dan berangin, serta lembab. Pilih bahan yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.
2. Sebagai busana dalaman cardigan, sweater rajutan atau jaket kulit, bisa dipadupadankan dengan mengenakan tanktop, misalnya tanktop berbahan katun dan berwarna putih. Namun, sebaiknya tanktop yang digunakan bukan tanktop rumahan. Pilih tanktop yang modis dan panjang tanktop melebihi panjang cardigan. Jika cuaca berubah menjadi panas, maka cardigan atau jaket bisa dilepas.
3. Mengikuti musim fall and winter di luar negeri, maka warna-warna yang cocok digunakan di musim penghujan adalah warna-warna yang cenderung gelap. Misalnya warna biru dongker, hitam, cokelattua, cokelat kayu, merah maroon dan Iain-Iain.
4. Namun untuk tampil lebih stylish, warna-warna gelap bisa dipadupadankan dengan warna-warna cerah. Misalnya mengenakan bawahan rok warna merah terang, celana warna lebih muda dari bahan linen.
5. Di musim hujan, sebaiknya rok yang digunakan tidak terlalu panjang. Untuk busana kerja, Anda bisa mengenakan rok dengan panjang di bawah lutut, rok dengan panjang sebetis dan rok ukuran tujuh perdelapan, dengan model high-waisted. Pilih rok dengan belahan, baik di bagian depan, belakang ataupun samping agar terlihat lebih modis. Pilihan lainnya adalah rok model A-line yang pas di tubuh dan pinggang terlihat.
6. Penggunaan celana panjang atau legging juga cocok di musim hujan ini. Untuk j    celana panjang, pilih bahan yang tidak begitu tebal agar juga pas digunakan ketika hujan berganti dengan panas terik. Celana yeans juga cocok digunakan sebagai padu padan busana untuk musim hujan.
7. Di musim hujan banyak wanita yang mengenakan scarf, syal maupun pasmina untuk melindungi bagian leher dari cuaca dingin sekaligus menghangatkan leher. Pilih bahan rajutan yang penggunaannya tinggal dililit, bahan stretch atau kaus dan pasmina atau scarf yang sudah dijahit.
8. Penggunaan scarf, syal L#l ataupun phasmina bisa dikombinasikan dengan bius tanpa lengan berbahan satin, tanktop, kaos, kemeja maupun bius lengan panjang. 
9. Ketika sudah mengenakan scarf, syal ataupun phasmina, maka sebaiknya tidak menggunakan aksesori seperti kalung karena penampilan akan terlihat 'ramai'. Cukup mengenakan anting-anting ataupun cincin, Anda sudah tampil manis.
10. Untuk sepatu, jika untuk ke kantor atau acara resmi gunakan sepatu jenis platform, wedges dan highheels dengan hak yang tidak terlalu tinggi (cukup 3 cm). Model sepatu tidak harus tertutup seperti highheels model stiletto. Flat shoes atau sepatu datar juga bisa digunakan ketika musim hujan, baik untuk acara formal maupun casual. Sementara untuk acara casual bisa mengenakan sepatu sneakers ataupun converse.

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment