9 Tips Rambut Sehat Dan Berkilau

Rambut merupakan mahkota yang harus selalu dirawat. Rambut yang indah, sehat dan berkilau menjadi prioritas utama yang dilakukan kaum hawa. Namun terkadang salah perawatan mulai dari salah memilih sampo hingga sering melakukan treatment menggunakan bahan kimia membuat rambut terlihat tidak sehat dan kusam. Lantas bagaimana membuat rambut kembali sehat dan berkilau?

Rambut yang sehat dan berkilau tentu akan terlihat indah. Ini akan menjadi kebanggaan bagi kaum hawa, karena keindahan mahkotanya kerap menjadi pusat perhatian. Rambut memang akan membuat tampilan seluruh tubuh nampak sempurna, ditunjang keindahan rambut yang dimiliki. Untuk memiliki rambut sehat dan berkilau tentu harus merawat rambut dengan baik. Namun karena kesibukan suatu pekerjaan, mereka lupa untuk merawat rambut untuk mendapatkan kesehatan dan keindahan rambut.

Menurut Andri Tanzil, hair and fashion stylist, ketika menginginkan rambut sehat dan berkilau tentu harus melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan pun tidak sembarangan, tetapi harus disesuaikan dengan kondisi rambut yang dimiliki. Misalnya, perawatan rambut normal tentu akan berbeda dengan mereka yang memiliki jenis rambut rontok.

Selain itu cara memperlakukan rambut harus benar, misalnya saja mulai dari penggunaan sisir dan saat keramas. Penggunaan sisir yang kurang tepat dan saat keramas menggosok rambut secara keras terlebih rambut dalam kondisi rontok justru akan menambah kerusakan rambut. rambut akan rapuh dan mudah patah ataupun terlihat kusut saat rambut kering.

  1. Konsultasi. Sebelum Anda melakukan perawatan rambut, sebaiknya konsultasikan ke tenaga ahli yang menangani rambut. Tujuannya agar tidak salah dalam memilih perawatan. Selain itu, dengan berkonsultasi juga dapat mengetahui kondisi rambut Anda yang sebenarnya, sehingga untuk selanjutnya dapat melakukan perawatan rambut lainnya.
  2. Sesuaikan Kondisi Rambut. Setiap wanita harus mengetahui perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambutnya karena akan mempengaruhi kesehatan rambut. Salah memilih perawatan justru akan memperparah kondisi rambut.
  3. Pemilihan Sampo. Gunakanlah sampo yang disesuaikan dengan kondisi rambut dan permasalahan rambut yang Anda miliki. Misalnya jika Anda memiliki rambut diwarnai pilihlah sampo yang khusus rambut diwarnai. Begitu juga pada rambut rontok pilihlah sampo khusus untuk rambut rontok. Pemilihan sampo yang tidak sesuai dengan kondisi rambut akan memperparah kondisi rambut yang dimiliki.
  4. Kondisioner. Penggunaan kondisioner penting untuk pemilik rambut kering, coloring dan smoothing. Pasalnya, kondisioner akan melembabkan rambut. Gunakanlah setelah keramas dan boleh dilakukan setiap hari ataupun 2-3 hari sekali.
  5. Serum. Jika rambut Anda rontok, maka penggunaan serum atau hair tonic bisa digunakan. Pasalnya, serum atau hair tonic dapat menguatkan akar rambut sehingga rambut akan kembali sehat dan berkilau. Gunakanlah serum atau hair tonic setiap habis keramas dan oleskan ke seluruh akar rambut. Lakukanlah minimal 3 hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.
  6. Creambath. Creambath penting dilakukan sebagai treatment rambut. Pasalnya, creambath berguna untuk menutrisi rambut menjadi lebih sehat serta mencegah kerontokan. Creambath juga sangat bagus untuk rambut kering karena dapat melembabkan. Selain itu, creambath juga bagus untuk melancarkan peredaran aliran darah yang ada di kepala sehingga setelah creambath seseorang merasa relaks dan nyaman. Lakukanlah treatment creambath minimal dua minggu sekali agar keindahan dan kesehatan rambut tetap terjaga.
  7. Hair Mask. Bila Anda sering melakukan proses kimia, seperti smoothing dan coloring maka treatment hair mask sangat cocok dilakukan. Pasalnya, hair mask berfungsi menutrisi ke setiap helai rambut. Treatment hair mask ini lebih fokus ke bagian korteks yang sering melakukan proses kimia. Sehingga walaupun sering melakukan proses kimia rambut tetap sehat dan berkilau. Lakukan treatment hair mask minimal dua minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.
  8. Hair Spa. Bila rambut Anda kering dan pecah-pecah maka sebaiknya melakukan treatment hair spa. Manfaat hair spa adalah akan membuat rambut menjadi lebih lembab, lembut dan sehat kembali. Begitu pula mereka yang memiliki jenis rambut normal dapat melakukan treatment rambut ini. Pasalnya, untuk rambut normal hair spa berfungsi untuk mencegah kerusakan rambut sehingga semakin memperindah tampilan rambut yang dimiliki. Hair spa juga merupakan pilihan terbaik untuk rambut yang kering dan susah diatur. Seperti halnya treatment creambath dan hair mask, treatment hair spa sebaiknya dilakukan minimal dua minggu sampai sebulan sekali agar hasil lebih maksimal.|
  9. Penggunaan Hair Dryer.Sebelum menggunakan alat hair dryer dengan suhu panas sebaiknya mengoleskan terlebih dahulu vitamin atau serum moringa oil. Fungsi serum dan vitamin tersebut adalah melindungi batang rambut agar tidak rusak.

0 Response to "9 Tips Rambut Sehat Dan Berkilau"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.