Inilah Beberapa Cara Bersihkan Karpet Di Rumah Kita

Karpet merupakan benda yang sering ada di setiap rumah. Biasa diletakan dibawah meja ataupun untuk disandingkan dengan sofa di ruang tamu kita, karpet juga kerap digunakan untuk tidur-tiduran atau bersantai diatasnya. Itu membuat karpet riskan terkena debu, kotoran dan binatang.

Bagi sebagian orang, mencuci karpet adalah pekerjaan yang melelahkan dan menyita banyakwaktu. Kebanyakan memilih mencuci karpet di binatu atau laundry untuk mengurangi kerepotannya.Guna mengurangi pengeluaran binatu, ayo kita coba mencuci karpet sendiri. 

Berikut tips sederhana untuk mencuci karpet di rumah Anda :
  • Cara termudah ialah menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan bebagai macam kotoran di karpet. Apabila tidak memiliki vacuum cleaner, maka gunakan sapulidi. Sayangnya menggunakan sapulidi akan membuat banyakdebu beterbangan, jangan lupa gunakan penutup hidung dengan masker atau kain agar debu tidak masuk ke paru-paru. Simpan karpet secara melintang pada pagar atau tembok lalu pukul-pukulah dengan sapu lidi sampai semua debunya hilang. Bersihkan karpet minimal dua minggu sekali agar selalu bebas dari debu dan keluarga Anda aman dan nyaman bermain di karpet tersebut tanpa takut kotor atau terserang penyakit karena debu.
  • Setelah tidak ada lagi debu yang menempel pada karpet maka tahapan selanjutnya adalah membasahi karpet. Simpan karpet di lantai tembok, kemudian semprot menggunakan air dari selang atau penyemprot air yang biasa digunakan untuk mencuci mobil. Semprot karpet dengan air bersih lalu siram dengan air sabun, ulangi semprot dengan air sampai dirasa karpet bersih dari sabun.
  • Kita dapat menggunakan bahan-bahan dapur seperti garam, baking soda, dan air soda karena ketiga bahan ini dapat membantu Anda dalam menghilangkan noda-noda baru di karpet. Caranya taburkan serbuk baking soda atau garam ke atas noda baru, kemudian diamkan beberapa lama hingga noda terserap oleh serbuk pembersih tersebut. Selain dapat menghilangkan noda, serbuk pembersih ini juga dapat menghilangkan bau. Sedot sisa serbuk pembersih dengan mesin penyedot debu maka noda dan serbuk akan terangkat bersamaan.
  • Mulailah menyikat menggunakan sikat lembut secara perlahan. Beri tekanan kecil pada kedua permukaan karpet dengan gerakan sikat yang menuju satu arah sambil mengarahkan butiran sabun dan air ke arah pinggiran karpet. Untuk menghilangkan bau pada karpet maka siramlah karpet dengan air yang telah diberi pewangi dan pelembut pakaian.
  • Jika karpet di rumah kejatuhan benda lengket seperti permen karet yang sulit lepas, segeralah basahi dengan es batu kemudian dengan perlahan congkel permen karet yang sudah mengeras tersebut.
  • Taruh kembali karpet di pagar atau kayu melintang, lalu siram-siramlah pake air bersih sampai tidak ada bagian yang berbuih. Setelah semua proses dilakukan jemurlah karpet dibawah matahari terik selama 1-2 hari.
  • Anda juga dapat menggunakan sampo karpet yang sudah banyak dijual dipasaran. Gunakan sampo secukupnya, lihatlah petunjuk penggunaan pada kemasan dan cuci bersih karpet minimal tiga minggu sekali.
Demikian tadi diatas beberapa cara membersihkan karpet di rumah kita. Semoga tips-tips diatas dapat memberi manfaat bagi Anda.  
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment