Agar Kerak Kamar Mandi Hilang, Inilah Caranya!

Menjaga kebersihan kamar mandi mungkin hal yang cukup melelahkan. Namun sebagian orang ada yang mengatakan jika kebersihan kamar mandi menjadi salah satu cermin kebersihan bagian dari rumah yang lain. Kebersihan kamar mandi tentunya akan memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Jika dibiarkan kotor selain tidak nyaman juga dapat menyebabkan kerak dan lumut yang semakin membuat proses pembersihannya menjadi lebih susah.

Selain untuk faktor kenyamanan, kebersihan kamar mandi juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan, karena kamar mandi merupakan tempat bersarangnya kuman-kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu kamar mandi yang berkerak dan berlumut akan membahayakan keselamatan pengguna karena dapat menyebabkan terpeleset karena licin. 

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan keramik kamar mandi yang bisa Anda coba di rumah.
a. Membersihkan keramik kamar mandi dengan uap
Uap merupakan media yang sangat ampuh bila digunakan untuk membersihkan kotoran, baik pada karpet hingga pada keramik yang berkerak sekalipun. uap panas akan membuat kotoran yang membandel jadi lebih mudah terkelupas.
b. Membersihkan dengan sabun cuci piring
Campurkan sabun cuci piring dengan air hangat kemudian gosokkan pada permukaan keramik hingga bersih.
c. Baking soda untuk pembersih lantai
Campurkan baking soda pada air hingga berbentuk seperti pasta, setelah itu oleskan pada bagian keramik yang berkerak dan diamkan selama 1 jam. Kemudian Anda tinggal menggosok secara perlahan karena kotoran telah terangkat dengan mudah oleh baking soda tadi.
d. Jangan menggunakan air cuka dan pemutih 
Membersihkan kamar mandi dengan air cuka dan pemutih dapat menyebabkan kerusakan pada keramik.
e. Membersihkan kamar mandi menggunakan cairan pembersih
Tuangkan cairan pembersih kamar mandi. Diamkan sekitar 15-20 menit, setelah itu sikat dan bilas dengan air hingga bersih.
f. Membersihkan keramik kamar mandi menggunakan kaporit
Siram noda kerak yang menempel pada lantai dengan air panas. Taburkan bubuk kaporit secara merata. Biarkan selama kira-kira 30 menit. Siram dengan air bersih. Gosok lantai sekali lagi dengan air sabun. Terakhir, bilas dengan air bersih sampai sisa-sisa sabun tak berbekas lagi.
g. Membersihkan keramik kamar mandi dengan Asam Sitrat
Taburkan asam sitrat pada dinding dalam atau luar dan dasar bak mandi yang sudah dibasahi sebelumnya. Biarkan asam sitrat bereaksi kira-kira selama satu jam. Setelah itu, sikat dan siram dengan air bersih sampai benar-benar bersih. Keringkan dengan lap kering. 

Demikianlah beberapa tips untuk membersihkan keramik kamar mandi di rumah Anda. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Agar Kerak Kamar Mandi Hilang, Inilah Caranya!"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.