Cara Mempercantik Tampilan Perangkat Android Dengan Themer

Anda bosan dengan tampilan OS Android yang itu-itu saja? Maka ubah saja. Banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai dari memasang wallpaper, memasang widget, hingga menginstal launcher dan icon pack. Semuanya pun dapat dikombinasikan untuk membuat tampilan Android menjadi lebih segar dan tidak membosankan. Sebagian besar orang akan memilih launcher, yang dimana tiap launcher membawa theme berbeda untuk digunakan.

Namun terdapat sebuah launcher yang berbeda, dimana Anda dapat melakukan kustomisasi, atau menggunakan yang sudah ada. :  Selain itu banyak sekali theme yang dapat dicari secara langsung di dalam launcher, sehingga Anda tak perlu mencarinya secara manual di Play Store. Lalu terdapat berbagai pengaturan dan fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan personalisasi tampilan secara optimal.

Pengaturan Awal
Jika Anda sebelumnya pernah menginstal dan menggunakan launcher, maka tak perlu bingung untuk pengaturan awal dari Themer. Cukup ikuti langkah penginstalan yang diminta oleh Themer, berikut memberikan akses ke Themer untuk akses notifikasi dari shortcut yang memerlukannya, seperti Gmail con-tohnya. Jika sudah tap tombol Home dan Anda akan diminta untuk memilih launcher default yang digunakan. Tap "Always" pada perintah "Use Themer as Home."

Memilih Themes
Setelah Themer digunakan, maka langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan Themes. Tap shortcut Themer yang terdapat di app drawer atau bar notifikasi. Themes, akan dikelompokkan dalam 4 tab. Tab Home menampilkan Themes yang terbaru atau sedang tren. Untuk memilih Themes lebih banyak silakan akses tab Categories. Di dalamnya terdapat berbagai macam kategori Themes yang dapat dipilih. Yang perlu diingat Anda harus online untuk melakukannya.

Mengaplikasikan Themes
Sebelum mengaplikaskan Themes, Anda dapat melihat dulu preview-nya. Pilih salah satu Themes, maka akan ditampilkan preview beberapa layar homescreen dari Themes tersebut. Tiap layar home akan membawa widget dan shortcut default. Tenang saja keduanya dapat Anda ganti setelah Themes diaplikasikan. Jika sudah yakin memilih, tap tombol Apply dan Themer akan melakukan proses download Themes tersebut, kemudian mengaplikasikannya.

Penggunaan Fitur Gestures
Salah satu fitur yang Anda temukan pada menu pengaturan Themer adalah Gestures. Dengannya Anda dapat mengakses cepat aplikasi, fungsi tertentu OS, atau bagian tertentu dengan gestur jari tertentu. Contohnya yakni menggunakan gestur "Swipe down (two fingers)" untuk mengakses Google Now. Hal ini dilakukan karena fitur Google Now yang secara default ada di Lollipop tak ditampilkan di Themes pilihan 

Menentukan Widget Default
Rata-rata Themes yang ditawarkan sudah memiliki widget cuaca (weather) dan player terpasang di sisi kiri dan kanan layar homescreen. Anda dapat menggunakannya, namun untuk tampilannya mengikuti dari Themes yang telah dipilih. Anda hanya diberi pilihan untuk memilih player musik (atau aplikasi cuaca) apa yang akan terkoneksi dengan widget di homescreen. Untuk widget musik misalnya, Anda dapat menghubungkannya dengan player yang telah diinstal pada gadget.

Simpan Personalisasi Themes
Setiap kali melakukan perubahan pengaturan dari sebuah Themes, Anda dapat menyimpannya. Dengan begitu ketika menggunakan launcher lain dan kembali ke Themer, pengaturan untuk tiap Themes tak akan berubah. Tiap Themes yang telah didownload dan digunakan akan disimpan pada tab History pada menu pemilihan Themes. Ketika memilih kembali sebuah Themes, Anda akan diberi pilihan apakah menggunakan pengaturan bawaan atau yang sudah Anda buat.

Mengubah & Mengatur Wallpaper
Tiap Themes membawa default wallpaper masing-masing, namun Anda dapat mengubahnya. Tap dan tahan lama di area kosong pada homescreen, kemudian pilih opsi "Wallpaper." Terdapat 3 mode, yakni Single Wallpaper, Multi Wallpaper dan Scrolling Wallpaper. Menariknya adalah opsi kedua dimana Anda dapat memasang wallpaper berbeda untuk tiap layar homescreen. Di layar ini juga Anda dapat menambah jumlah layar homescreen dengan menekan ikon "+".

Menentukan Shortcut Default Aplikasi
Beberapa Themes menampilkan shortcut di bagian bawah layar, atau istilahnya docking. Untuk Themes yang dipilih memiliki shortcut Dialer, Messaging, App Drawer, Email dan Camera. Anda dapat memilih aplikasi tertentu yang akan muncul ketika shortcut dipilih, sehingga tak selalu menampilkan aplikasi default sistem. Caranya tap dan tahan lama shortcut, pilih opsi "Edit". Kemudian tap boks LINK lalu pilih aplikasi yang akan dibuka ketika shortcut dipilih.

Personalisasi Themes
Akses menu pengaturan Themer (tap dan tahan lama layar), lalu pilih opsi "Settings." Di dalamnya terdapat berbagai pengaturan fitur yang dibawa oleh Themer. Seperti contohnya memilih untuk menampilkan jumlah email tak terbaca pada ikon Gmail untuk email baru saja, atau total semuanya. Lalu ada juga pengaturan untuk memilih jumlah kolom dan baris di app drawer untuk menampilkan shortcut aplikasi. Silakan jelajahi pengaturan yang ada.

Kembali ke Launcher Bawaan
Jika suatu saat Anda ingin kembali ke launcher bawaan OS, akses menu pengaturan Themer lalu pilih opsi "Use Old Homescreen." Selanjutnya pilih launcher bawaan OS dan jangan lupa tap opsi "Always." Jika Anda menggunakan OS Android Lollipop, maka berpindah launcher lebih mudah lagi. Akses menu Settings>Home. Lalu tinggal pilih saja launcher mana yang akan dijadikan default. Tak perlu melakukan konfirmasi lagi dengan menekan tombol "Always." 


Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment