Cara Menggunakan Perintah "Send to" Untuk Transfer File Ke Android Dari Komputer/Laptop

Cara Menggunakan Perintah "Send to" Untuk Transfer File Ke Android Dari Komputer/Laptop - Menu "Send to" telah tersedia sejak Windows 95. Anda dapat menggunakannya langsung untuk mengirim file ke drive tertentu, berikut gadget Android tentunya. Menariknya, perintah ini secara pintar dapat mengerti file apa yang Anda kirim. Dengan begitu file akan ditempatkan ke folder berisi file dengan format sama seperti yang Anda kirim.

Misalkan Anda menyimpan berbagai file video di dalam folder "Video", kemudian file yang akan dikirim melalui perintah "Send to" memiliki format video. Secara otomatis file tersebut akan dikirim ke folder "Video" bukannya ke root folder. Dengan begitu Anda tak perlu memindahkan file yang ada ke folder "Video" karena sudah tersimpan secara otomatis.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan agar perintah "Send to" dapat berjalan dengan baik. Pertama adalah' menghubungkan gadget Android ke komputer PC/laptop melalui kabel data USB sehingga dapat dikenali oleh Windows, tepatnya Windows Explorer. Gadget Android pun harus berada dalam mode MTP (Media Transfer Protocol). Kedua jika gadget tidak dikenali pada Windows Explorer, maka driver belum diinstal.

Perintah "Send to"
Jika terbiasa menggunakan Windows, maka Anda sudah mengenali perintah ini. Cukup klik kanan file yang akan dikirim pada Windows Explorer, maka muncul berbagai perintah dan perintah "Send to" termasuk di dalamnya. 

Mengirim File ke Gadget Android
Tentunya 2 hal yang sebelumnya dijelaskan di atas sudah dilakukan, sehingga gadget akan dikenali oleh Windows dan muncul di Windows Explorer.
  • Asumsi gadget telah dikenali saat terhubung ke PC, maka akan ditampilkan sebagai sebuah drive pada Windows Explorer. 
  • Dobel klik nama gadget, lanjut dengan tipe media penyimpanan yang Anda pilih. Hal ini dikarenakan bisa saja gadget Anda akan terbaca memory internal, memory eksternal, atau hanya salah satu saja. Dalam contoh ini digunakan memory internal karena Nexus 5 tidak dibekali dengan memory eksternal. (Gb 3)
  • Jika Anda melihat gambar yang ada, maka terdapat berbagai macam folder di dalamnya. Yang perlu dicatat adalah secara default pada memory internal atau eksternal (yang berlaku sebagai default penyimpanan pada gadget) sudah terdapat folder Music, Pictures dan Video. Misalkan Anda menggunakan perintah "Send to" untuk mengirim file MP3, maka secara otomatis file tersebut akan diletakkan di folder Music. Hal ini berlaku juga untuk file gambar dan video.
  • Menariknya adalah Anda dapat memilih lebih dari satu format file yang akan dikirim, dan nantinya Windows secara pintar akan mengelompokkan file berdasarkan tujuan folder. Klik kanan file yang akan dikirim, pilih Send to>nama gadget.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Copy to Device. Jendela ini akan menjelaskan kepada Anda bahwa fie media akan dikonversi dan dikirim ke lokasi sesuai dengan format filenya. Klik "Yes" untuk melakukannya. Jika Anda memilih "No" maka file akan dikirim ke root folder.
  • Kemudian akan muncul lagi jendela Copy, menginformasikan bahwa file tidak dapat dijalankan di gadget. Anda tak perlu khawatir mengenai ini karena Anda pastinya sudah menginstal player yang sudah kompatibel dengan file, klik saja "Yes." Centang opsi "Do this for all files" di sudut kiri bawah agar tak muncul konfirmasi lagi dari jendela ini.
  • Ketika file selesai dikirim, dapat dilihat file akan disimpan sesuai dengan folder tujuan. Untuk file yang dikirim dengan format AVI, MP4 dan MKV, semuanya tersimpan di folder Video. 
  • Jika Anda membuka player video, maka secara otomatis file-file video yang sudah dikirim akan muncul di dalam library. Video pun siap untuk diputar. 
  • Setelah selesai mengirim file dan mengetahui semua file telah tersimpan dengan benar, cabut kabel data dari PC/laptop.


0 Response to "Cara Menggunakan Perintah "Send to" Untuk Transfer File Ke Android Dari Komputer/Laptop"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.