IBX59ED8B2FED208 Awas Terjebak Sale atau Diskon! - Jendela Informasi

Awas Terjebak Sale atau Diskon!

Menjelang Lebaran, pasti kamu heboh bela-beli.Dari baju, rok, celana panjang sampai assesoris lainnya. Nah, di saat-saat menjelang hari raya, banyak toko yang ngegelar obral besar. Berhubung lagi obral, kamu memang boleh belanja sampai puas. Cuma bukan berarti belanjanya jadi kalap mata. Teliti sebelum membeli, karena bisa-bisa kamu terjebak obral. Sebelum kejebak, baca dulu yang satu ini.

Diskon bohongan

Biasanya barang yang di-diskon ditaruh di dalam satu boks dan di atasnya ada karton berapa persen barang tersebut di diskon. Kadang-kadang karton penunjuk itu nggak sesuai dengan kenyataan. Buktinya banyak teman-teman yang mengeluh gara-gara kecele. Di kartonnya ditulis 50%, eh... kenyataannya hanya 10%. Bahaya kan? Apalagi kalau kamu langsung tancap pergi ke kasir tanpa tanya dulu.

Teliti dulu

Barang di diskon pasti bermacam-macam alasannya. Ada yang karena modelnya sudah lewat, jadi harus dihabiskan segera. Bisa juga karena barang tersebut ada 'cacatnya', misalnya sudah bolong atau sobek. Nah, supaya kamu nggak nangis setelah belanja, coba deh periksa dulu barang yang hendak kamu beli. Jangan malu dan jangan segan tanya ke pramuniaganya, "Ada stok yang lain nggak?"

Belum tentu murah

Biar sudah di-diskon bukan berarti barang tersebut jadi murah banget. Ada juga Iho, toko yang sengaja sudah menaikkan harga barangnya sebelum di-diskon. Jadinya harganya tetap sama seperti sebelum di-diskon. Taktik ini sengaja dilakukan oleh pemilik toko untuk menarik para pengunjung ke dalam tokonya.

So, ada baiknya sebelum kamu belanja barang tersebut kamu cari dulu barang sejenisnya di toko lain. Kalau harganya memang jadi lebih murah, boleh saja kamu beli.

Jangan heboh

Kalau kamu sudah tahu toko favoritmu lagi diskon besar-besaran, kalau bisa jangan sekali-kali datang kesana tanpa perencanaan. Misalnya nih, bikin catatan kecil apa yang perlu kamu beli. Membuat catatan kecil ini bisa menanggulangi keborosan.

Penanggulangan keborosan juga bisa kamu lakukan dengan cara membawa uang secukupnya di dompet. Coba kalau kamu bawa uang banyak di dompetmu, pasti matamu tergiur buat beli macam-macam.


0 Response to "Awas Terjebak Sale atau Diskon!"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.