Cindelaras (Cerita Rakyat dari Jawa Timur)

Dahulu, Kerajaan Kediri, Jawa Timur, dipimpin oleh Prabu Aji Putro. Ia mempunyai seorang permaisuri dan selir. Sang selir iri dengan permaisurinya. Dia merencanakan niat jahat. Saat pesta tujuh bulan kehamilan permaisuri, selir meracuni sang raja. Saat raja minum, ia pun pingsan. Selir memfitnah bahwa permaisuri meracuni sang raja.

Sang raja percaya, sehingga permaisuri dibuang ke hutan rimba. Permaisuri tinggal di hutan dan ditolong petapa. Sang permaisuri tinggal bersama petapa hingga melahirkan seorang putra bernama Cindelaras.


Cindelaras tumbuh menjadi anak yang sehat, ia pergi ke hutan untuk berburu. Di hutan, ia diberi telur oleh seekor elang. Saat telurnya menetas, menjadi ayam jago yang sakti yang tak pernah terkalahkan saat beradu.
Pada suatu hari, Cindelaras meminta izin kepada ibunya untuk mengadu ayam ke kota. Ayam Cindelaras selalu menang dalam pertarungan di kota. Raja mendengar kesaktian ayam jago Cindelaras, ia ingin mencoba mengadu dengan ayam jagonya.

Taruhannya, jika raja menang, Cindelaras harus pergi dari daerahnya karena raja memang tak mau ada yang menandingi.. Sebaliknya, jika raja kalah, semua kerajaannya jatuh ke tangan Cindelaras.

Ayam jago Cindelaras sangat sakti, ayamnya pun mampu mengalahkan ayam sang raja. Saat menang, ayam jago Cindelaras berkokok, "Kukuruyuk... aku jagone Cindelaras, omahku ning tengah alas, bapakku Panji Aji Putro (Kukuruyuk... aku ayam jagonya Cindelaras, rumahku di tengah hutan, bapakku Panji Aji Putro)," kata Ayam Jago Cindelaras.

Sang raja takjub dan heran. Awalnya ia tidak mau menyerahkan kerajaannya pada Cindelaras, tetapi ia kemudian bertemu dengan petapa yang menjelaskan siapa sebenarnya Cindelaras.

Setelah mendengar cerita sang petapa, akhirnya raja menyadari bahwa permaisurinya masih hidup dan Cindelaras merupakan anaknya.

Sang raja pun berterima kasih kepada petapa dan memboyong istri serta anaknya tinggal di kerajaan.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment