Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung

Taman Makam Pahlawan Cikutra merupakan salah satu potensi pariwisata yang berada di Kota Bandung. TMP Cikutra termasuk ke dalam kategori wisata rekreasi monumen atau tugu, tempat untuk mengenang jasa para pahlawan dan tempat untuk mempelajari sejarah. Ribuan jasad para pejuang disemayamkan di kompleks pemakaman seluas 8,9 hektare ini. Berdasarkan Perpres No. 35 Tahun 2010 dan Undang-Undang Rl No. 20 Tahun 2009, yang berhak dimakamkan di TMP adalah para pemilik tanda jasa Bintang Gerilya, Mahaputra, Sakti, Dharma, Yudha Dharma Utama dan Pratama, serta Bintang Angkatan Utama dan Pratama.

Kompleks TMP Cikutra terbagi ke dalam 16 blok pemakaman, mulai dari blok A, blok Al, blok B, blok C, blok CI dan seterusnya hingga blok N. Di setiap blok, deretan makam dengan nisan putih berderet rapi. Bentuk batu nisan dibedakan berdasarkan agama yang dianut para anumerta sebelum mereka wafat. Pada setiap batu nisan tersebut terdapat simbol-simbol tertentu yang merupakan lambang kesatuan masing-masing. Untuk Angkatan Darat menggunakan simbol bintang, Angkatan Laut menggunakan simbol jangkar, dan Angkatan Udara burung garuda. Selain blok-blok tersebut, pada area TMP Cikutra juga terdapat blok Taman Makam Bahagia yang dihuni jasad para pemilik Bintang Nararia, TNI Aktif dan TNI yang memasuki masa pensiun.
Taman Makam Pahlawan Cikutra @ wikimapia.org

Tak sulit untuk menemukan gerbang Kompleks Taman Makam Pahlawan Cikutra karena dari kejauhan akan terlihat dua tugu batu menjulang yang menandakan pintu masuk utama menuju area makam. Pepohonan pinus yang berderet membagi area makam menjadi dua bagian, di kiri dan kanan. Pada bagian tengah TMP terdapat sebuah lapangan dengan bendera Merah Putih setengah tiang yang berkibar setiap hari. Setiap tahunnya selalu dilangsungkan beberapa kali upacara bendera di lapangan ini, di antaranya upacara peringatan 17 Agustus, 5 Oktober, dan 10 November. Di tempat yang sama juga terdapat Monumen Lawang Gintung yang baru diresmikan pada 19 Mei 2005 oleh Panglima Kodam III Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Sriyanto.

Tak jauh dari lapangan, tepatnya di sebelah kanan area pemakaman terdapat sebuah tembok putih memanjang berisi tulisan nama-nama mereka yang dimakamkan di TMP Cikutra. Dari ribuan nama yang tertera, terdapat beberapa nama pahlawan perintis kemerdekaan seperti Danudirdja Setia Budhi alias Douwes Dekker yang berada di blok A, Niti Sumantri (blok B), Ny. Ema Sumanegara (blok C), Abdul Muis (blok D), Ny. Emma Puradiredja (blok D), Sunarjo Gondokusumo (blok D), Lambert Pulupessy (blok H), serta Domitien Aritonang (blok H). 

Info Lokasi :
Letak : Jalan Cikutra, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung
Pengelola : Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Balai Perlindungan Sosial Tresna Werdha Ciparay Bandung dan Pemeliharaan Taman Makam Pahlawan, Sub Unit Pemeliharaan TMP Cikutra
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment