Agar Mata Tak Cepat Lelah, Inilah Caranya

Agar Mata Tak Cepat Lelah, Inilah Caranya - Tak bisa dimungkiri, perangkat digital semakin merambah ranah kehidupan manusia, mulai bangun tidur di pagi hari hingga akan tidur pada malam hari. Oleh karena itu, tak jarang ditemukan orang yang merasakan computer vision syndrome (CVS) atau gangguan pada mata jika terlalu sering menatap monitor.

CVS terjadi karena pengaturan pencahayaan yang tidak tepat, kedipan mata yang lebih lambat frekuensinya serta posisi duduk yang kurang tepat. Ciri-ciri dari CVS adalah mata yang terlihat kering dan merah, mata gampang lelah, sering sakit kepala, dan kelopak mata yang terasa berat.


Salah satu trik untuk menjaga agar mata tak kelelahan tentu dengan mengurangi kontak langsung antara mata dengan perangkat digital. Namun, bagi sebagian kalangan, rasanya hal ini sulit dilakukan karena kebutuhan dengan perangkat digital.

Meski demikian, para ahli sudah banyak yang melakukan riset untuk mengurangi efek buruk berlama-lama di depan layar perangkat digital. Dikutif dari plimbi.com berikut beberaoa kiat yaang bisa dicoba untuk menjaga kualitas penglihatan kita.

Cara Agar Mata Tak Cepat Lelah
Pertama, pilih perangkat digital yang lebih ramah untuk kesehatan. Misalnya, layar yang memiliki pengaturan kontras warna dan cahaya sehingga lebih nyaman untuk mata.

Kedua, atur posisi duduk secara tegak dengan posisi pada sudut siku-siku atau 90 derajat. Jarak siku dengan posisi keyboard pun harus berada pada kisaran 100 derajat dari siku tangan. Yang lebih penting adalah agar mata jangan terlalu dekat dengan monitor. Jarak ideal mata dengan monitor adalah 100 cm, atau paling tidak 50 cm lebih masih diperbolehkan. Selain itu, atur pula posisi monitor 5 cm lebih rendah dari mata. Hal itu berguna agar cahaya dari monitor tidak terlalu menyilaukan mata, mengingat kornea sangat sensitif pada cahaya yang terlalu terang.

Ketiga, atur cahaya ruangan. Tidak disarankan cahaya ruangan lebih cerah atau terang dibandingkan dengan kecerahan layar monitor. Redupkanlah beberapa lampu tetapi jangan sampai ruangan terlalu gelap karena itu juga tidak baik. Cara yang lebih praktis dan mudah yaitu mengatur tingkat kecerahan layar monitor. Aturlah cahaya sesuai dengan kondisi cahaya yang menerangi ruangan.

Keempat, sadari frekuensi berkedip. Suatu penelitian mengungkapkan, ketika seseorang berada di depan layar monitor, frekuensi berkedip orang-orang ternyata berkurang dibandingkan dengan saat orang-orang tidak berada di depan komputer. Hal ini memang tidak disadari karena mata ingin lebih banyak fokus. Intuisi ingin fokus inilah yang kemudian mengorbankan kesehatan mata. Kiatnya, berkediplah lebih banyak agar mata tidak cepat lelah.

Kelima, lakukan pola 20 20 20. Pola ini dikenalkan Mark Rosenfield, profesor dari Amerika Serikat. Pengertian dari pola ini adalah setiap 20 menit, mata harus diistirahatkan dengan frekuensi selama 20 detik dengan melihat atau mengamati objek lain dalam jangkauan sejauh 20 meter.

Keenam, bersihkan layar monitor. Pemakaian layar komputer (atau gadget lain) yang terlalu sering akan mengakibatkan noda dan debu pada layar komputer. Ternyata hal itu cukup mengganggu mata, membuat mata jadi tegang, dan sulit fokus.

Demikianlah 6 trik sederhana agar mata tak cepat lelah
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment