Kulit Kencang Dengan Rebusan Daun Sirsak

Kulit Kencang Dengan Rebusan Daun Sirsak - Tak ada wanita yang menginginkan kulitnya cepat tua seperti timbul kerutan dan vlek-vlek hitam. Namun, sering beraktivitas di luar ruangan tanpa perlindungan membuat kulit cepat tua. Pasalnya, terkena paparan sinar matahari secara langsung, terkena polusi udara, AC, radikal bebas dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat kulit berkerut, terutama pada bagian wajah.

Sirsak yang merupakan tumbuhan yang mudah ditemui di iklim tropis seperti ini, memiliki manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kulit karena tinggi kandungan vitamin C dan antioksidannya, tetapi daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan yaitu untuk mengencangkan kulit Daun sirsak mengandung lactones, isoquinoline, serta lipid. Mengonsumsi daun sirsak dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah agar terlihat awet muda.


Rebusan Daun Sirsak
Dijelaskan oleh Etty Bachetta, SH, herbalis, manfaat rebusan daun sirsak untuk kecantikan antara lain untuk menjaga kekencangan kulit dan mencegah penuaan dini. Daun sirsak juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, komedo dan vlek hitam. Manfaat lainnya adalah membakar lemak yang men-gendap, yang tentunya mengganggu penampilan dan rasa percaya. Lemak yang berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Untuk membuat rebusan daun sirsak, sebaiknya memilih daunnya harus yang baik. Untuk membuat rebusan daun sirsak dari daun sirsak yang segar untuk sekali minum, caranya sebanyak 7-20 lembar daun sirsak direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas air untuk dikonsumsi pada hari yang sama. Di samping itu, daun sirsak bisa dikeringkan dan dijadikan minuman seperti teh daun sirsak ataupun dimasukkan ke dalam kapsul.

Sebelum dikeringkan, daun sirsak harus dicuci bersih terlebih dulu. Cara mengeringkan daun sirsak adalah diangin-anginkan di luar ruangan sampai kering. Tidak dianjurkan dijemur langsung di bawah sinar matahari, karena akan mengurangi khasiat dari daun sirsaknya. Selanjutnya daun sirsak yang sudah kering dimasukkan ke dalam kantung plastik dan dimasukkan ke dalam kulkas. Berikutnya dioven selama 30 menit dengan suhu yang tidak boleh lebih dari 60 derajat Celcius. Jika daun sirsak sudah kering, daun sirsak bisa diseduh seperti halnya membuat teh atau dimasukkan ke dalam kapsul.

Untuk kulit kencang, sebaiknya rebusan daun sirsak dikonsumsi rutin seminggu tiga kali. Semakin sering minum rebusan daun sirsak maka hasilnya akan semakin terlihat. Tidak ada efek samping dari minum rebusan daun sirsak. Karena rebusan daun sirsak juga bagus untuk mengatasi berbagai penyakit, maka boleh dikonsumsi dalam waktu lama.

Masker Daun Sirsak
Di samping untuk kecantikan, rebusan daun sirsak juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan antara lain meringankan peradangan dan kaki bengkak, membantu merelaksasikan otot, menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi stres, menguatkan saraf, menyehatkan jantung, menurunkan demam, menambah ASI, menghambat mutasi gen, meredakan rasa nyeri, serta menghambat proses pertumbuhan bakteri jahat.

Sementara untuk menghilangkan jerawat, komedo dan vlek hitam, daun sirsak tidak dijadikan rebusan. Namun, daun sirsak dijadikan masker wajah. Caranya, sebanyak 7 lembar daun sirsak yang masih berwarna hijau dicuci bersih. Selanjutnya tumbuk daun sirsak sampai benar-benar halus. Lalu campurkan daun sirsak dan air mawar untuk masker. Bila tidak ingin memakai air mawar, bisa juga digunakan tanpa air mawar.

Masker daun sirsak ini dapat digunakan sebelum tidur agar hasilnya maksimal. Sekali pakai masker digunakan 7 lembar daun sirsak. Karena itu jika Anda ingin sekaligus membuatnya, misalnya untuk beberapa hari maka sebanyak 7 lembar daun sirsak tersebut dikalikan jumlah hari Anda akan memakai masker daun sirsak. Untuk hasil yang maksimal, masker daun sirsak ini bisa dilakukan rutin seminggu sekali.

Kulit Kencang
Kulit yang kencang identik dengan peper aw atari dari datam sepert menjaga pota makan. Mnum obat-obatan berbahan alarm memang bisa membantu membuat seseorang terlihat awet muda. Menurut dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK, dokter spesia-lis kulit dan kelamin, makan ma-kanan yang seimbang gizinya, beristirahat cukup, berolahraga dan pola hidup baik lainnya memang bisa membantu untuk awet muda.

Namun, perawatan dari dalam sebaiknya juga diimbangi dengan perawatan dari luar. Dimulai dari perawatan sederhana yakni menjaga kebersihan yang salah satunya adalah membersihkan wajah. Dalam mencuci wajah, jika kondisi wajah tidak terlalu berma-salah maka bisa mencuci wajah tiga kali sehari, terutama jika jenis kulitnya berminyak.

Ketika mencuci wajah biasanya menggunakan sabun wajah yang tepat. Pilih sabun pencuci wajah yang tembut karena untuk pemakaian sehari-hari. Tidak dianjurkan menggunakan sabun yang mengandung scrub secara rutin setiap hari. Pasalnya, sabun scrub ini me-maksa untuk mengangkat sel-sel kulit mati, padahal sel-sel kulit mati tidak setiap harinya lepas.

Jika jenis kulit sensitif, penggunaan sabun wajah yang tidak tepat seperti sabun scrub justru akan menyebabkan reaksi ra-dang. Sementara jenis kulit yang berminyak jika menggunakan sabun yang terlalu mengeringkan kadang respons kulit yang terjadi kebalikannya. Justru akan membuat kerja kelenjar minyak berlebihan sehingga kulit akan menjadi lebih berminyak. Terkadang akan meradang dan gatal, lalu timbul jerawat.

Sabun wajah sendiri dibedakan menjadi sabun yang memakai busa atau ada proses saponifikasi dan sabun wajah yang gentle cleanser. Dianjurkan memakai sabun wajah yang gentle cleanser yang busanya sedikit sehingga tidak mengiritasi. Sabun wajah gentle cleanser setelah mencuci wajah, wajah tidak kesat, tetapi terlihat masih ada licin. Biasanya bahan yang digunakan adalah yang mengandung glyserin.

Sementara untuk memproteksi diri sebaiknya menggunakan sunblock atau tabir surya. Jika tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, dianjurkan memakai sunblock minimal SPF (sun protection factor) 30. Dianjurkan juga menggunakan krim pagi yang umumnya mengandung sunblock. Sementara malam harinya menggunakan krim malam.

Krim malam merupakan krim peremajaan atau rejuvenasi yang mengandung bahan untuk peremajaan kulit. Krim malam dapat mengembalikan kondisi kulit yang masih bagus, mengoptimalisasikan kondisi kulit, serta menyamarkan atau menghilangkan vlek, meratakan wama kulit. Selain itu, bisa juga ditambahkan perawatan kulit seperti facial dan peeling.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment