Minum Rebusan Sambiloto Dan Meniran Bikin Tubuh Jarang Sakit

Minum Rebusan Sambiloto Dan Meniran Bikin Tubuh Jarang Sakit - Cuaca yang sangat terik maupun perubahan cuaca yang tidak menentu membuat tubuh mudah terserang penyakfl^wiyebabnya karena daya tahan tubuh yang menurun, terutama jika tidak dijaga dengan pola makan dan pola hidup yang sehat. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan minum rebusan sambiloto dan meniran. Dua bahan alami tersebut | dipercaya dapat memperbaiki imun atau daya tahan tubuh. Alhasil, Anda akan sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Seperti apa?

Belakangan cuaca sangat terik, namun terkadang juga tidak menentu. Setelah panas, turun hujan meski sebentar. Ketika cuaca panas maka tubuh akan terasa letih, capek dan mudah mengantuk. Penyebabnya karena dehidrasi dari kondisi panas sehingga cairan di dalam tubuh berkurang. Selain panas terkadang cuaca berubah drastis dengan turunnya hujan dan angin kencang. Dengan kondisi ini tubuh akan mudah terserang flu dan masuk angin.


Untuk menghindari tubuh dari penyakit, ada baiknya jika Anda selalu menjaga daya tahan tubuh. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan sehat serta disertai gaya hidup yang sehat. Minum rebusan bahan alami seperti sambiloto dan meniran juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sambiloto dan Meniran
Sambiloto dan meniran memang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mengenai manfaat meningkatkan daya tahan tubuh, kedua tanaman tersebut sudah terbukti secara fitofarmaka. Sambiloto dan meniran memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh.

Sambiloto mengandung zat aktif androgafolid. Senyawa tersebut sifatnya antiradang dan meningkatkan daya tahan tubuh (imun). Cara kerjanya adalah merangsang imun dan meredakan radang. Namun berbeda dengan antibiotik yang memang meredakan radang tetapi bakterinya juga tetap dibunuh.

Dengan begitu efek baik dari senyawa androgafolid di dalam sambiloto, maka masih memberi kesempatan sel darah putih atau daya tahan tubuh untuk bekerja. Manfaat sambiloto, bukan hanya sebagai antibiotik, tetapi sambiloto juga memiliki fungsi lain yakni menurunkan tensi darah, menurunkan kadar gula, antiradang, dan antidemam.

Sementara meniran mengandung banyak zat aktif yang baik bagi tubuh. Kandungan meniran di antaranya adalah phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetrali, nirurin, nirurinetin, norsecurinine, phyllanthenol, phyllnirurin, phylltetrin, quecitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acid methyl ester, garlic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxy niranthin, isolintetralin, dan isoquercetin. 

Meniran memiliki manfaat yang hampir sama dengan sambiloto. Hanya saja meniran lebih spesifik untuk imunus stimulant atau merangsang imun. Sedangkan untuk sambiloto memiliki manfaat yang multiaspek. Kelebihan lain dari sambiloto dan meniran adalah tidak merusak fungsi hati seperti bahan kimia. Justru kedua bahan alami ini dapat memperbaiki fungsi hati.

Dibuat Rebusan
Untuk memanfaatkan kedua bahan alami tersebut adalah dengan cara direbus. Sambiloto dan meniran dapat diolah dengan cara dicampur maupun tidak dicampur karena keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Jika ingin dicampurkan, maka harus diatur dosisnya.

Cara membuat rebusannya adalah 1 genggam daun sambiloto segar ditumbuk, kemudian ditambahkan 1/2 cangkir air matang. Selanjutnya disaring dan diminum. Selain itu, cara lainnya adalah 3 gr bahan kering atau 25 gr bahan segar direbus. Lalu diminum 2 kali sehari sebelum makan. Sementara untuk meniran, meniran herba segar dibuat serbuk, dan direbus dengan 300 ml air. Direbus dengan suhu 90 derajat Celcius selama 15 menit.

Rebusan sambiloto dan meniran jika disimpan di dalam lemari es bisa bertahan 2-3 hari. Tetapi jika ditaruh di luar lemari es sebaiknya langsung diminum. Dosis minumnya tergantung dari umur, berat penyakit dan lamanya pengobatan.

Di samping itu, cara lain yang dapat dilakukan adalah dibuat senyawa ekstrak. Caranya 1 banding 5 kg sambiloto atau meniran dijadikan ekstrak sebanyak 1 kg. Kemudian dimasukkan ke dalam kapsul ukuran 500 mg. Bisa diminum oleh orang dewasa yang terkena sakit radang tenggorokan biasa. Diminum 3 kali 2 kapsul atau 3 kali 1 gr.

Sementara untuk anak-anak 3 tahun diberi 3 kali 1 kapsul. Jika infeksinya berat diberi 3 kapsul. Sedangkan untuk anak-anak di bawah setahun diberi 3 kali 1/2 kapsul. Untuk pencegahan, maka dianjurkan minum 1 kali 1 kapsul. Misalnya pada orang dewasa minum 1 x 500 mg atau untuk anak-anak minumnya separuh atau tergantung usia.

Meski berbahan alami dan memiliki banyak manfaat, sambiloto dan meniran juga memiliki efek samping. Untuk itu, ketika dikonsumsi dosisnya harus tepat. Jika minum rebusan sambiloto terlalu banyak maka efek samping yang dapat terjadi adalah sulit buang air besar. Sementara efek samping dari meniran secara umum belum diberikan secara spesifik.

Daya Tahan Tubuh
Daya tahan tubuh berkaitan dengan sel darah putih yang mampu melawan kuman. Jadi, obat-obatan yang dapat membahtu sel darah putih dan memacu sel darah putih merupakan target agar imun atau daya tahan tubuh agar tetap bisa menjaga tubuh dengan baik.

Di dalam tubuh itu setiap hari terjadi paparan yang namanya kuman. Kuman di sini ada yang dikenal dengan bakteri, virus, jamur dan parasit. Semua itu dianggap benda asing maka tubuh memberikan respons untuk melawan mereka atau benda asing tersebut. Jika benda asing-nya banyak tentu saja tubuh akan memproduksi dalam jumlah yang banyak pula. Kemudian tubuh akan melakukan proses pemakanan fagositpsis.

Respons di dalam tubuh ada respons imun spesifik dan non spesifik. Non spesifik apapun benda asing tersebut akan dimakan. Tetapi respons tubuh yang spesifik dia hanya memakan kuman-kuman tertentu saja. Maka dari itu ada yang namanya vaksin. Ini namamya pertahanan tubuh yang spesifik yang melibatkan yang namanya antibody dan imonoglubulin.

Dengan begitu, untuk meningkatkan kinerja imun di dalam tubuh sebaiknya dalam pengobatan harusnya dilakukan bagaimana meningkatkan imun, bukan memberikan sesuatu yang dapat merusak imun. Jika sakit berobat sangat dianjurkan tetapi gunakan obat yang sederhana terlebih dahulu. Seperti makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dipijat atau minum obat-obatan herbal atau berbahan alami.

Daya tahan tubuh bekerja secara otomatis. Dalam konsep agama untuk menjaganya yakni dengan ibadah. Selain itu juga tidak dianjurkan makan makanan yang dapat merusak imun seperti pengawet, penyedap, pewarna dan pemanis buatan. Karena itu semua dapat membebani fungsi tubuh. Pasalnya, imun lebih sibuk mengurusi sampah tersebut dari pada kuman-kuman yang masuk di dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan imun terlalu banyak bekerja. Dengan begitu istirahat cukup, makan makanan baik, serta hidup sehat bisa membantu daya tahan tubuh meningkat. 

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment