iklan space 728x90px

Awet Muda Dengan Jus Antioksidan

Awet Muda Dengan Jus Antioksidan - Antioksidan diperlukan tubuh untuk membuat penampilan yang sehat dan awet muda. Antioksidan ini diperoleh dari buah-buahan yang ada di sekitar kita. Buah-buahan yang kaya antioksidan ini biasanya berwarna merah, jingga dan ungu, seperti tomat, anggur merah dan anggur ungu, strawberry, blueberry, plum, cherry, a pel merah dan Iain-Iain. Buah-buahan tersebut dijadikan jus antioksidan tanpa gula yang akan memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Ingin tahu selengkapnya?

Senyawa antioksidan memiliki peran yang besar dalam kesehatan dan kecantikan seseorang. Antioksidan juga berperan dalam membuat seseorang terlihat awet muda. Apa sebetulnya antioksidan? Antioksidan adalah senyawa atau zat yang dapat menghambat, menunda, mencegah dan memperlambat reaksi oksidasi meski konsentrasinya sedikit. Antioksidan bermanfaat karena dapat menetralisir radikal bebas yang sangat berbahaya. Antioksidan ini dapat ditemui dalam berbagai jenis bahan makanan (antioksidan alami) maupun hasil sintesis reaksi kimia.

Antioksidan alami adalah antioksidan yang diperoleh secara alami yang sudah ada di bahan pangan, baik yang terbentuk dari reaksi-reaksi selama proses pengolahan, maupun yang diisolasi dari sumber alami yang tidak dapat dimakan dan digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Antioksidan alami di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, polifenol, glutation. asam ellagic dan tain-lain.

Aging process atau proses penuaan adalah proses alami yang akan terjadi pada semua makhluk hidup. Pada saat mencapai usia tertentu, maka regenerasi sel-sel dan metabolisme tubuh akan melambat. Akibatnya, mulai timbul kerutan terutama di kulit wajah. Kulit juga akan menjadi kusam dan timbul vlek berwarna gelap. Otot-otot juga mengendur, kesehatan menurun, serta terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Untuk memperlambat penuaan maka perlu konsumsi antioksidan. Antioksidan ini banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran akan mengganti sel-sel yang rusak, sehingga metabolisme tubuh tetap berjalan normal. Antioksidan yang cukup membuat tubuh lebih bugar, tidak mudah terserang penyakit, menjaga kestabilan berat badan dan mencegah berkembangnya kanker.

Setiap jenis buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung antioksidan dan vitamin tertentu yang tidak dimiliki oleh buah-buahan atau sayur-sayuran lain. Misalnya, likopen merupakan antioksidan yang ada pada tomat. Betakaroten merupakan antioksidan yang terdapat pada wortel. Brokoli dan bayam mengandung vitamin B. Jeruk dan paprika mengandung vitamin C. Antioksidan memang memiliki peranan besar untuk membuat seseorang tampak awet muda. Semua sel-sel di dalam tubuh merupakan sel-sel yang berpasangan. Dalam proses metabolisme, baik yang alami seperti stres atau kerja, maupun yang tidak alami seperti polusi, rokok, makanan berlemak dan tidak berolahraga, maka ada sel yang rusak sehingga set kehilangan pasangannya. 

Sel-sel yang kehilangan pasangannya ini yang dikenai sebagai sel radikal bebas yang akan merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Bahkan, sel-sel radikal bebas ini bisa berkembang menjadi sel tumor maupun kanker.
Buah-buahan Kaya Antioksidan. Untuk mendapatkan kandungan antioksidan, selain dimakan segar, buah-buahan bisa dijadikan jus. Minum jus antioksidan dari buah-buahan, yang terkadang dikombinasikan dengan sayur-sayuran bisa membuat seseorang tampak awet muda, yaitu dengan kulit yang kencang, tanpa kerutan, cerah, tanpa vlek hitam dan segar.

Buah-buahan umumnya kaya antioksidan. Di dalam antioksidan terdapat kandungan polifenol, likopen, vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, serta magnesium, dan zat best. Kandungan antioksidan yang finggi terlihat dari warna buahnya.

Buah-buahan yang kaya antioksidan adalah yang berwarna merah, jingga dan ungu yang mendekati kehitaman. Buah-buahan tersebut di antaranya tomat, apel merah, anggur merah dan anggur ungu, strawberry, blackberry, cherry, dan plum. 
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Awet Muda Dengan Jus Antioksidan"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News