Ini Dia 5 Masalah Yang Dialami Rambut

Ini Dia 5 Masalah Yang Dialami Rambut - Masalah pada rambut seringkali membuat seseorang tidak nyaman dengan penampilannya. Pasalnya, rambut adalah hal yang penting dalam menunjang penampilan.

Kini, bukan hanya bagi wanita, rambut adalah mahkota. Bagi pria pun, rambut menjadi hal yang sama pentingnya. Nah, berikut beberapa jenis kerusakan rambut yang sering dialami oleh seseorang:

1. Rambut Berminyak
Setiap saat kelenjar sebaceous pada kulit kepala akan memproduksi minyak alami yang disebut dengan sebum. Pada dasarnya sebum berfungsi menjaga kelembapan kulit kepala agar tidak kering. Namun sayangnya, terkadang kelenjar tersebut memproduksi terlalu banyak minyak sehingga rambut terlihat kusam, rapuh, tidak terawat, dan sulit diatur.

2. Rambut rontok
Umumnya, kerontokan rambut disebabkan oleh konsumsi obatobatan tertentu, infeksi berat, operasi mayor, kelebihan dan kekurangan hormone tiroid, stres berat, penyakit autoimun seperti lupus, infeksi jamur pada kulit kepala, atau kehamilan dan melahirkan. Normalnya, seseorang akan kehilangan rambutnya sekitar 100 helai setiap harinya. Namun, jika lebih dari itu, maka bisa dikatakan Anda mengalami kerontokan rambut.

Pada pria, kerontokan rambut akan membentuk pola seperti cincin berbentuk tapal kuda. Hal ini seringkali dikaitkan dengan pengaruh genetik serta hormone testoteron. Sedangkan pada wanita, kebotakan atau kerontokan rambut biasanya hanya terjadi pada bagian atas kepala.

3. Rambut putih atau uban
Rambut beruban sering sekali dikaitkan dengan faktor usia. Padahal memutihnya rambut atau uban dapat dialami oleh siapapun pada usia berapapun. Menurut penelitian yang dilakukan para ilmuwan terdahulu, rambut uban disebabkan adanya perubahan warna dari pigmen rambut yang disebut melanin. Selain itu, kerusakan DNA dan penumpukan hidrogen peroksida dalam folikel rambut dikatakan turut berperan dalam timbulnya gangguan produksi melanin.

4. Rambut pecah atau bercabang
Rambut bercabang atau pecah pada ujung umumnya disebabkan styling yang terlalu berlebihan. Paparan panas yang berlebihan terhadap rambut akan merusak lapisan terluar dari rambut (kutikula).

5. Rambut Kering
Rambut membutuhkan kelembapan dan sejumlah minyak, untuk tetap terlihat sehat. Namun beberapa hal dapat menyebabkan rambut kering seperti terlalu sering mencuci rambut, penggunaan sampo yang salah, sering menggunakan hair dryer, paparan sinar matahari secara langsung, angin dan udara yang kering, pewarna rambut, klorin di kolam renang, gizi buruk, dan konsumsi obat tertentu.

Nah, untuk menjaga kelembapan rambut Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:
• Jangan mencuci rambut setiap hari kecuali Anda mengalami masalah kulit kepala seperti ketombe.
• Gunakan sampo yang bisa melembabkan rambut serta kondisioner setiap kali mencuci rambut.
• Batasi penggunaan hair dryer serta pengeriting rambut.
• Gunakan topi renang saat berenang.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment