iklan space 728x90px

Keindahan Keraton Kasepuhan Cirebon

Jendela Informasi - Keindahan Keraton Kasepuhan Cirebon. Cirebon dikenal akan wisata Kasepuhannya. Cirebon memiliki Keraton Kasepuhan Cirebon yang merupakan keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun pada 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II. Sampai sekarang kondisi keraton masih tetap lestari, terjaga dan terawat.

Bangunan Keraton Kasepuhan dan pernak-pernik yang tersimpan di dalamnya adalah perpaduan dari tiga agama, yaitu Hindu, Islam, dan Buddha, serta tiga budaya, yaitu Jawa, Tiongkok, dan Eropa. Perpaduan ini menjadikan Keraton Kasepuhan lebih istimewa dari keraton lainnya. Secara keseluruhan, kompleks keraton terdiri dari keraton itu sendiri, alun-alun, serta masjid. Tembok keraton yang terdiri dari bata merah dan bentuk gapura keraton serupa dengan arsitektur bangunan Hindu seperti keraton Majapahit.


Keberadaan Siti Hinggil dan pendopo-pendopo kecil adalah representasi dari bangunan Jawa. Ada juga keramik-keramik dinding yang memiliki 2 corak, Eropa dan Tiongkok. Di Taman Bundaran Dewandaru yang terletak di kompleks tengah keraton, unsur Hindu bisa dijumpai dalam wujud Lembu Nandu. Sementara, unsur Eropa terdapat di meriam yaitu hadiah dari Thomas Stanford Raffles.

Keraton Kasepuhan memiliki Kereta Kencana Singa Barong yang perwujudannya menunjukkan perpaduan unsur berbagai agama dan budaya. Kereta kencana tua canggih pertama buatan Indonesia ini memiliki desain yang melambangkan persahabatan antar agama.

Uniknya lagi, saat Lebaran tiba, Keraton Kasepuhan rutin melaksanakan tradisi cuci Kereta Singa Barong. Setiap tanggal 1 Syawal, mereka mengeluarkan Kereta Singa Barong untuk dimandikan. Ritual biasanya dilakukan di Kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon. Dua kereta terdiri dari kereta asli dan duplikat dibersihkan dengan air dari tujuh sumur keraton dicampur dengan kembang tujuh rupa pada proses pemandian Kereta Singa Barong.

Saat ini Kereta Singa Barong sudah tidak lagi digunakan. Ia disimpan di Museum Keraton Kasepuhan dan baru dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal. Keraton Kasepuhan berlokasi di Jalan Jagasatru, Cirebon. [YP 2015]
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Keindahan Keraton Kasepuhan Cirebon "

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News