Ragam Kuliner Khas Kota Cirebon

Jendela Informasi - Ragam Kuliner Khas Kota Cirebon. Cirebon menyimpan beragam makanan tradisional menggugah selera. Dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, akan memudahkan Anda menyusuri tiap jalan untuk menyantap ragam kuliner khas Cirebon. Meski beberapa makanan tersebut sudah banyak dijumpai di Jakarta atau kota besar lainnya, tak ada salahnya Anda menyantapnya langsung di tempat asalnya.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan penganan yang asalnya dari Jamblang, salah satu tempat yang terletak di barat Kota Cirebon. Sajian nasi lengkap khas Cirebon ini dulu merupakan nasi putih yang dibungkus dengan daun jati dan ditambahkan berbagai macam pilihan lauk. Aneka lauk yang dapat dipilih, diantaranya tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tungkai cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru paru goreng dan banyak lagi. Pengunjung bisa bebas memilih lauknya sebagai pelengkap nasi dengan harga bervariasi mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 17.500. Semakin banyak lauk yang dipilih maka semakin mahal harganya.
Baca juga : 4 Minuman Khas Sulawesi yang Segar dan Cara Membuatnya

Empal Gentong

Dinamakan Empal Gentong karena dari cara memasak tradisional yaitu menggunakan gentong atau periuk tanah liat. Makanan berkuah santan ini disajikan panas-panas dengan pilihan nasi atau lontong. Di atas kuahnya ditaburi irisan daun kucai. Harga satu porsi cukup bervariasi mulai dari 18.000 sampai 20.000 rupiah. Selain Empal Gentong, di beberapa warung makan Anda dapat memesan Empal Asem yang mirip dengan Empal Gentong tetapi berkuah bening dengan rasa asam dari belimbing wuluh dan asam Jawa.

Teh Poci
Baca juga : Tahu Jeletot
Tentu saja minuman khas Cirebon ini sudah tidak asing lagi. Sekilas teh ini sama dengan teh pada umumnya. Teh poci memiliki rasa yang alami dan disuguhkan menggunakan teko yang terbuat dari tanah liat atau gerabah. Teh poci biasanya menggunakan teh hijau melati yang mengeluarkan aroma khas dan disajikan di pagi atau sore hari dengan ditemani makanan kecil. Menikmati secangkir teh poci menjadi salah satu kegiatan penting para wisatawan yang berkunjung ke Cirebon. [YP 2015]
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment