Minyak Zaitun Bermanfaat Turunkan Kadar Kolesterol

Minyak Zaitun Bermanfaat Turunkan Kadar Kolesterol @alodokter.com

Jendela Informasi - Gaya hidup terutama pola makan yang tidak sehat, membuat seseorang rentan terkena penyakit kolesterol. Tidak hanya dialami mereka yang berusia tua, tetapi yang masih muda pun bisa terserang kolesterol. Penyakit kolesterol merupakan gerbang penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, stroke hingga hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan kadar kolesterol bisa dengan mengonsumsi minyak zaitun atau olive oil.

Banyak orang yang abai dengan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang. Mudahnya mendapatkan makanan junk food untuk sekadar memenuhi kebutuhan gaya hidup modem mengakibatkan seseorang gampang terkena penyakit yang dapat merusak fungsi organ. Salah satu penyakit yang kerap menyerang adalah kolesterol tinggi. Jadi, penyakit kolesterol timbul akibat asupan makan yang salah.

Dalam tubuh manusia sebenarnya ada kolesterol. Pada keadaan normal, seseorang memiliki kadar kolesterol 160-200 mg/dl. Kolesterol dianggap memasuki fase yang berbahaya jika kadarnya melebihi 240 mg/dl, yang dapat mengakibatkan stroke. Gejala-gejala kolesterol tinggi di antaranya timbul benjolan berwarna merah atau xanthomas, kesemutan, sakit pada sendi, pusing atau migrain yang sering kambuh.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Minyak zaitun memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan minyak zaitun di antaranya omega-9, squalene atau cairan eter organik yang bermanfaat untuk sistem imun manusia. Kandungan omega 9 pada minyak zaitun juga bisa membantu menurunkan sekaligus mengobati kolesterol pada tubuh.

Kandungan lain dan minyak zaitun adalah zat besi, kalsium, potasium, polifenol, serta vitamin A, C, D, E dan K. Minyak zaitun juga mengandung asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate dan lignoserat. Kandungan lain dari minyak zaitun adalah fenol, yang mengandung flavonoid. Kandungan tersebut mempunyai peranan aktif sebagai antioksidan yang sangat baik dan dapat membantu dalam menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi minyak zaitun mentah, seseorang yang memiliki penyakit kolesterol bisa turun tingkat kolesterolnya. Dianjurkan untuk mengonsumsi minyak zaitun 1-3 sdm per hari. Namun untuk tahap awal dilakukan secara bertahap, yaitu dengan kadar 1 sdm. Minyak zaitun ini diminum setengah jam atau 1 jam setetah makan berat. Semakin lama jarak minum minyak zaitun dengan makan berat lebih baik, karena memberikan kesempatan makanan berat yang sudah dimakan diolah terlebih dulu. Cara ini bisa rutin dilakukan selama tiga bulan.

Setelah mengonsumsi minyak zaitun untuk menurunkan kadar kolesterol, sebaiknya tetap melakukan kontrol atau pengecekan kadar kolesterol setiap bulannya agar mengetahui hasilnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya tidak mengonsumsi minyak zaitun secara tunggal. Sebaiknya dalam pengobatan dibantu dengan bahan alami lain seperti rosela atau teh yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara bersama-sama dengan minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol @labsehat.id

Namun, jika usia masih muda masih usia 30-40 tahun atau saat awal-awal terkena penyakit kolesterol maka minum minyak zaitun saja sudah cukup. Tetapi jika sudah kronis, maka jika pengobatannya hanya mengandaikan minyak zaitun saja akan membutuhkan waktu yang lama. Untuk pengobatan, pilih minyak zaitun yang extra virgin yaitu minyak zaitun yang merupakan perasan pertama dengan warna hijau muda. Karena itu, ketika membeli minyak zaitun sebaiknya tidak beli yang di dalam kaleng karena tidak bisa dilihat warnanya.

Selain mengonsumsi minyak zaitun, sebaiknya juga menjaga asupan makan. Sebaiknya mengurangi konsumsi asupan minyak-minyak yang lainnya seperti goreng-gorengan. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak menerima asupan minyak secara berlebihan.

Di samping dapat menurunkan kadar kolesterol, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit lain. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dapat digunakan untuk mencegah kanker dan membantu mengurangi risiko terserang kanker. Selain itu, kandungan senyawa hidroksitirosol pada minyak zaitun, sangat bagus membantu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Nantinya juga bisa berguna untuk mencegah pertumbuhan sel-sel yang tidak normal penyebab kanker.

Minyak zaitun juga dapat mencegah penyakit lainnya. Misalnya mencegah pikun, menyehatkan usus, menjaga kesehatan kulit dan menghilangkan arthritis. Minyak zaitun juga dapat melembabkan bibir, mengatasi rambut rusak, menghilangkan ketombe, menangkal radikal bebas, menghilangkan vlek pada wajah, serta melembabkan kulit secara alami.

Kolesterol
Kolesterol ada delapan jenis. Yang terkenal adalah LDL (low density lipoprotein) atau yang dikenal dengan kolesterol jahat, serta HDL (high density lipoprotein) atau yang dikenal dengan kolesterol baik. Kolesterol jenis LDL memiliki sifat diendapkan. Kolesterol jenis ini akan mengendap di pembuluh darah. 

Kolesterol tidak hahya bisa dialami oleh mereka yang gemuk, tetapi mereka yang kurus pun bisa terkena penyakit kolesterol. Pasalnya, LDL ini mengendap di pembuluh darah. Sedangkan pada orang yang gemuk biasanya trigliserida disimpan di bawah kulit. Sedangkan HDL memiliki sifat seperti mobil sampah. Jika HDL lewat maka dia akan membawa LDL, yang kemudian akan disetor ke hati untuk dirombak atau diolah. Hati ini berfungsi sebagai pengolah lemak.

Meski kolesterol bisa menjadi penyakit jika kadarnya berlebihan, tetapi sebenarnya kolesterol juga memiliki fungsi. Salah satu fungsi kolesterol adalah membuat hormon. Kolesterol dalam jumlah tertentu memang diperlukan oleh tubuh, tetapi dalam jumlah berlebihan akan mengganggu dan membuat penyakit. Pasalnya, kolesterol yang tersumbat diendapkan di pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Jika sudah tersumbat akan mengakibatkan ke jantung sehingga timbul penyakit jantung koroner hingga ke otak yang dapat menyebabkan stroke. Selain itu penyumbatan pada arteri tubuh dapat menyebabkan asam urat dan rematik. Penyumbatan pembuluh darah arteri yang biasanya terjadi pada ujung-ujung kaki jika terlalu lama akan bisa pecah dan menimbulkan varises.

Mencegah tubuh dari penyakit kolesterol tinggi, sebaiknya mengurangi asupan minyak jahat yang terdapat pada goreng-gorengan. Jika ingin mengonsumsi tempe sebaiknya jangan digoreng tetapi ditumis. Gunakan beras cokelat untuk membuat nasi goreng jika ingin mengurangi terjangkitnya penyakit kolesterol. Sebaiknya juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Makan sayur-sayuran dan buah-buahan mentah jauh lebih baik. Jadi, karena penyakit timbul akibat ketidakseimbangan maka menjaga kesehatan dengan menjalani pola hidup sehat dan teratur harus dilakukan. [Sumber: Winggi/IK Edisi 25/2015]

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment