Cek Apakah Email Anda Telah Diretas, Ini Caranya!

Maman Malmsteen 15.13.00
Jendela Informasi - Saat ini, alamat email menjadi sebuah komponen yang utama bagi Anda yang sering berselancar di dunia internet, terlebih dengan alamat email dari Gmail yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai produk Google. Jika alamat email Anda jatuh ke tangan yang salah, maka jelasnya pihak yang tidak bertanggungjawab dapat mengakses berbagai informasi penting.

Hampir tiap saat website-website besar diretas, berakhir dengan alamat email para pengguna website tersebut yang dicuri. Bahkan beberapa waktu yang lalu muncul berita bahwa hacker berhasil mencuri data alamat email dari website seperti Adobe, Facebook, Yahoo dan lainnya.


Jika merasa khawatir bahwa alamat email yang telah Anda "berikan" pada website di atas telah diretas, maka cek saja. Terdapat layanan bernama Have I Been Pwned? yang dapat melakukan hal tersebut. Layanan ini akan melakukan pengecekan apakah alamat email Anda telah diretas atau belum.

Berikut ini 4 cara cek apakah email Anda telah diretas atau belum.
  • Cukup akses alamat www.haveibeenpwned.com. Kemudian inputkan (masukkan) alamat email Anda pada boks yang tersedia lalu klik tombol "pwned?" di samping kanannya. 
  • Jika informasi yang ditampilkan adalah "Good news - no pwnage found", maka alamat email Anda aman. 
  • Tetapi jika menampilkan informasi bahwa alamat email Anda tidak aman, website akan menampilkan kemungkinan beberapa website yang menyimpan alamat email telah diretas. Memang website ini tidak memberikan informasi lengkap tentang detailnya, tetapi yang pasti Anda telah mendapatkan peringatan. 
  • Solusi saat ini yang dapat Anda lakukan adalah mengubah password dari email tersebut atau jika dirasa penting dapat menonaktifkan alamat email terlebih dahulu. Sementara ini website akan melakukan pencarian alamat email yang telah dilakukan pada website Adobe, Yahoo, dan Facebook.
Nah, bagaimana? Tidak sulit, kan, untuk memeriksa apakah email Anda telah diretas atau belum? Selamat berselancar dan semoga aman terkendali.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon