Resep Cake Cokelat Ungu untuk Camilan


Jendela  Informasi - Oleh banyak ahli nutrisi dan makanan, kuliner berbasis warna ungu diprediksi kian naik daun sepanjang tahun ini. Popularitas kuliner ungu yang didapat dari campur tangan pewarna alami buah-buahan dan sayur mayur, dikatakan akan semakin menggeser kegandrungan orang terhadap kuliner berbisis warna hijau dan hitam.

Tren makanan sehat yang semakin diminati juga meningkatkan kecenderungan tersebut. Buah dan sayuran berwarna ungu mengandung antioksidan yang tinggi. Semakin pekat warna ungunya, maka kadar antioksidan yang dimiliki semakin tinggi.

Manfaat antioksidan pun sudah diketahui sejak lama. Selain menangkal radikal bebas, antioksidan membuat orang tampak lebih muda, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat di dalam darah, hingga baik untuk kesehatan jantung.

Nah, itu tren kuliner di dunia, bagaimana dengan Indonesia? Di Bandung, beberapa pengusaha kuliner ternyata sudah lebih dulu mengeluarkan menu berbasis warna ungu. Meskipun, kebanyakan tak menyadari secara gamblang mengenai tren yang berlangsung di dunia tersebut. Racikannya seru. Rasanya pun tak kalah "unyu". Salah satunya cake cokelat ungu.

Berikut ini resep cake cokelat ungu berbahan dasar ubi ungu.

Cake Cokelat Ungu

Bahan-bahan:
- 7 pcs kuning telur
- 3 pcs putih telur
-100 gr tepung terigu
- 200 gr ubi ungu (rebus, kupas kulitnya dan haluskan)
-150 gr gula pasir
-150 gr margarin atau butter
- 40 gr bubuk coklat
- 30 gr susu bubuk atau susu cair
- 1/2 sdm soda kue
- 1/2 sdm pasta coklat
- 1/2 sdm garam dapur

Cara pembuatan:
  • Kocok mentega dan gula pasir sampai lembut.
  • Masukkan telur sambil terus dikocok hingga mengembang.
  • Tambahkan tepung terigu. ubi ungu halus, soda kue, coklat bubuk, coklat pasta dan susu bubuk. Aduk rata.
  • Tuangi susu cair. Aduk rata kembali.
  • Siapkan loyang, olesi mentega, lalu alasi dengan kertas roti.
  • Tuang adonan ke dalam loyang. Ratakan permukaannya dengan spatula.
  • Oven dengan suhu 185°C selama lebih kurang 25 menit hingga matang. 


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon