Kamu Harus Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kulkas Mini


Kulkas mini sangat cocok dipilih oleh mereka yang memiliki rumah minimalis dengan dapurnya yang kecil. Jenis kulkas ini tidak makan banyak tempat, bobotnya juga tidak berat. Namun sebelum memilih, kamu harus tahu dulu hal hal seputar lemari pendingin super mungil ini. 

Berikut dibawah ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kulkas mini, diantaranya yaitu : 

1. Tidak Memiliki Freezer

Kulkas mini tidak hanya kerap ditemukan di rumah, hunian apartemen, atau tempat tinggal berupa indekos saja, tetapi juga di hotel ataupun rumah sakit. Pada dasarnya fungsi kulkas mini ini sama tetapi tidak menjamin bahan makanan segar seperti daging, ikan, dan ayam bisa bertahan lama didalamnya. Pasalnya, kulkas mini ini tidak memiliki bagian pembeku atau freezer (lemari pendingin dengan suhu dibawah 0 derajat Celcius. 

Walaupun ada, biasanya freezer yang dimilikinya itu hanya muat untuk menampung baki es batu atau dua kaleng soda ukuran biasa. Oleh karena itu, pastikan jika kebutuhanmu telah sesuai dengan pilihan kulkas yang akan dibeli. 

2. Pilihan Ukuran

Soal ukuran, biasanya kulkas mini ini diukur dengan volume liter (L). Semakin besar volumenya, maka kulkas mini tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyimpan banyak bahan. Kamu bisa menemukan varian kulkas mini dengan volume mulai dari 40 L hingga 70 L. Perlu dicatat, semakin besar volumenya maka harganya juga bisa semakin mahal. 

Kulkas mini dengan volume dan dimensi yang relatif kecil, tentunya memiliki berat yang cukup ringan. Kamu bisa dengan mudahnya menempatkan kulkas mini tersebut diatas countertop dapur. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan kulkas mungil ini didalam kamar tidur atau ruang kerja. 

3. Menggunakan Kulkas Mini Untuk Menyimpan ASI. Bolehkah?

Kini, tidak sedikit ibu yang memerah lalu menyetok air susu ibu (ASI) yang dimilikinya. Supaya ASI bisa bertahan lama, mereka memasukkannya kedalam botol atau kantong khusus lalu menyimpannya didalam freezer.  

Tapi tidak sedikit ibu juga yang masih bingung, apakah ASI boleh disimpan didalam kulkas mini atau tidak? Meskipun memiliki freezer yang sangat mungil, namun banyak sumber yang menyarankan supaya para ibu tidak menyetok ASI didalam kulkas mini. 

Sekalipun kulkas mini tersebut dikhususkan untuk menyimpan ASI, namun akan jauh lebih baik jika menyimpannya didalam lemari pendingin khusus. Pasalnya, ASI bisa bertahan lebih baik dan tahan lama jika disimpan pada suhu dibawah 0 derajat Celcius. 

4. Kulkas Mini USB

Kini, semakin banyak ditemukan kulkas mini dengan kabel USB. Lemari pendingin ini benar benar berukuran kecil, kira kira hanya mampu memuat satu hingga dua botol atau kaleng air minum saja. 

Bisa dijadikan pilihan yang paling tepat bagi kamu yang sangat senang mengkonsumsi minuman dingin di kamar ataupun kantor. Kulkas mini ini tidak memerlukan baterai atau daya listrik yang besar, kamu hanya perlu mencolokkan kabelnya ke komputer ataupun laptop yang tengah menyala. Jenis kulkas mini USB ini bisa mendinginkan minuman dengan suhu 12 derajat  Celcius. 

5. Harga Kulkas Mini Terbaru

Kamu bisa mendapatkan kulkas mini satu pintu ini mulai dari harga Rp.750 ribu hingga Rp. 2 jutaan. Tentunya harga tersebut tergantung pada merk kulkas mini pilihanmu. Sementara itu kulkas mini USB sendiri banyak ditawarkan di pasaran dengan harga mulai dari Rp. 100 ribuan. 



Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »