iklan space 728x90px

Peluang Usaha Asap Cair Batok Kelapa

Sudah banyak yang mengetahui bahwa seluruh bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Namun masih sedikit orang yang tahu potensi terpendam dari batok kelapa. Selama ini batok kelapa hanya sebagai bahan bakar, dibuat arang dan bahan kerajinan. Padahal masih ada potensi batok kelapa yang belum dimanfaatkan yaitu asap batok kelapa. Kepulan asap putih hasil pembakaran batok kelapa dapat menjadi tambahan sumber penghasilan yang cukup menjanjikan, yaitu dibuat menjadi asap cair organik atau organic liquid smoke.
 
Belakangan ini, asap cair batok kelapa mulai diburu. Bahan cair yang mengeluarkan aroma khas tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Misalnya, campuran obat, pengawet kayu, pengawet telur, penghilang bau sampai media untuk pengental karet mentah, pengganti asam semut atau biang cuka.
Usaha pembuatan asap cair dari batok kelapa sejak empat bulan ini mulai dikembangkan di Kota Banjar. Sumarno, warga Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman yang mulai merintis usaha ini. Dia mengembangkan usahanya di kota paling ujung timur Jawa Barat itu karena melihat melimpahnya bahan baku, yaitu batok kelapa. Selain itu, potensi pasar yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan usaha sejenis yang telah dirintisnya di Madiun, Jawa Timur.

Dia mengaku mendapatkan ide membuat asap cair batok kelapa melalui internet. Salah satunya hasil penelitian dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang mengupas masalah asap cair. Untuk membuat asap cair secara tradisional sangat mudah. Sumarno membangun bejana dapur pembakaran yang dibuat mirip dengan sumur dengan ukuran 2 x 2 meter. Untuk sekali produksi ia membutuhkan 1,5 ton batok kelapa.

Sebagian batok kelapa yang diletakkan pada posisi paling bawah kemudian dibakar. Setelah terbakar, bagian atasnya ditimbun lagi dengan batok kelapa lain hingga memenuhi bejana. Pada bagian atas bejana dipasang lubang sebagai tempat keluarnya asap. Asap dialirkan ke dalam plastik berukuran besar, sebagai tempat kondensasi atau mengubah asap menjadi cair.

Dari bahan baku 1,5 ton batok kelapa yang didatangkan dari berbagai wilayah sekitar Kota Banjar seperti Ciamis dan Cilacap, dihasilkan asap cair 600 liter. Arang batok kelapa dijual Rp 3.500 per kilogram. Harga asap cair bisa lebih mahal lagi dengan cara disuling terlebih dahulu.

Sumarno juga melakukan percobaan sendiri yaitu memasak daging ayam sayur dengan air yang dicampur asap cair. Ternyata, daging ayam sayur lebih kenyal. Tidak kalah dengan rasa daging ayam kampung, bau asap tidak ada. Asap cair batok kelapa itu juga tidak beracun.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Asap Cair Batok Kelapa"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News