iklan space 728x90px

Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Aspek Fisik Manusia

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan rahmat.  Di bulan ini Allah SWT memberi kita jalan untuk membersihkan diri secara spiritual dan secara fisik.

Dari segi fisik dan kejiwaan, puasa Ramadhan dibagi tiga etape :
  • Sepuluh Hari Pertama
Merupakan fase detoksifikasi atau penggelontoran sisa-sisa makanan/minuman yang sangat tidak baik bagi tubuh.  Hasil penelitian menunjukkan, pada fase ini kadar kolesterol yang berlebih menjadi berkurang, kolesterol jahat LDL yang tinggi jadi turun.  Kolesterol baik HDL yang rendah jadi naik.  Berat badan biasanya juga turun.  Ini merupakan tahap rahmat dari Allah SWT.
  • Sepuluh Hari Kedua
Proses detoksifikasi mulai berkurang, proses rejuvenasi yakni peremajaan sel-sel atau bagian tubuh yang rusak karena melakukan aktivitas selama 11 bulan penuh dimulai.  Pada fase ini, tubuh mulai menuju kepada keseimbangan.  Allash SWT memberikan ampunan dengan meremajakan kembali bagian-bagian tubuh yang rusak sehingga kita akan semakin enak dalam bekerja dan beribadah.
  • Sepuluh Hari Ketiga
Tubuh mulai mencapai keseimbangan.  Hasil penelitian yang sangat menarik, bahwa berat badan akan menyesuaikan dengan tinggi badan.  Berat badan akan bertambah pada fase ini apabila ternyata sampai dengan fase kedua penurunan berat badan melebihi berat ideal.

Sungguh Allah SWT memberikan nikmat kepada hamba-Nya yang berpuasa dengan baik dan cermat.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Aspek Fisik Manusia"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News