iklan space 728x90px

Tips Hindari Kejahatan Jaringan WiFi Di Tempat Umum

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kaspersky Lab terhadap lebih dari 5.000 spot akses WiFi populer di Sao Paulo, Brazil, menunjukkan bahwa 26% jaringannya tidak menggunakan enkripsi apapun. Yang tentu saja akan makin rentan terhadap kejahatan cyber dan membuat jaringan WiFi menjadi tidak aman.

Beberapa cara untuk menghindari kejahatan pada jaringan WiFi adalah sebagai berikut :
  1. Selalu gunakan koneksi VPN untuk mengakses jaringan WiFi apapun. Usahakan untuk mendapatkannya lalu install dulu ke semua perangkat yang akan Anda koneksikan. Jika jaringan WiFi memblokir VPN Anda, maka jangan diteruskan. Tapi jika memang sangat terpaksa Anda harus memakainya, gunakan internet via TOR browser dengan seting DNSCrypt.
  2. Periksa firmware Anda, sudahkah Anda menginstall firmware terbaru. Ini berguna jika Anda memiliki access point. Dan jangan biarkan access point dalam mode default. Pakai password yang sulit ditebak.
  3. Periksa enkripsi access point Anda. WPA dan WEP dirubah ke WPA2,setingan AES. Non aktifkan broadcasting SSID. Dan pastikan password Anda kuat.
  4. Jangan asal buru-buru memposting sesuatu. Pastikan dulu jaringan WiFi Anda aman.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Hindari Kejahatan Jaringan WiFi Di Tempat Umum"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News