iklan space 728x90px

Cara Recovery (Memulihkan) SMS Yang Terhapus

Jika Anda tak sengaja menghapus semua atau sebagian pesan SMS yang penting, maka tak perlu khawatir. Anda dapat mengembalikannya dengan tingkat keberhasilan 99%. Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan, yakni waktu. 

Setelah Anda sadar'bahwa SMS penting telah dihapus, maka harus melakukan proses recovery secepat mungkin. Hal ini dikarenakan ditakutkan seiring berjalannya waktu, sebagian memory akan ditulis ulang di atas lokasi SMS disimpan. Semakin lama Anda menunggu, maka semakin kecil kemungkinan SMS dapat dikembalikan.

Untuk melakukan recovery, kita akan menggunakan bantuan aplikasi bernama Wondershare Dr.Fone for Android yang perlu diinstal di PC atau laptop. Selain itu pastikan gadget Android ' sudah memiliki hak akses root.
  1. Akses alamat http://www.wondershare.com/data-recovery/android-data-recovery.html. Kemudian download aplikasi. Instal lalu jalankan aplikasi.
  2. Hubungkan gadget menggunakan kabel data. Anda akan melalui beberapa langkah untuk melakukan recovery. 
  3. Aktifkan opsi "Enable USB Debugging" pada gadget Android. Anda perlu mengakses submenu Developer Options terlebih dahulu di menu Settings. Jika belum ada, menujulah ke submenu About Phone, scroll ke bagian Build Number, lalu tap 7 kali. Lanjut dengan mengakses Developer Options, lalu centang opsi "Enable USB Debugging." 
  4. Klik tomboi Start, dan aplikasi akan melakukan proses pemindaian dari memory Android.
  5. Setelah proses selesai, Anda akan memiliki akses untuk mencari dan mellhat data yang tersimpan di gadget Android, baik itu sudah terhapus atau tidak. Pilih pesan yang akan dikembalikan, lalu klik tombol Recover.

Cara Mencegah SMS Terhapus
Ok, Anda telah berhasil mengembalikan SMS yang telah terhapus. lantas Anda tak boleh tinggal diam. Oleh karena itu lakukan pencegahan dengan cara melakukan backup pesan SMS. Waktunya pun tidak lama, hanya sekitar 5 menit saja. Anda bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi bernama SMS Backup & Restore.
  1. Instal aplikasi melalui Play Store, kemudian pilih opsi Backup.
  2. Proses backup pun akan berjalan langsung saat itu juga. Lama tidaknya tentu tergantung dari jumlah SMS yang ada.
  3. Untuk mengembalikan SMS, silakan pilih opsi Recovery. Khusus untuk Android 4.4, maka aplikasi Easy Backup harus menjadi aplikasi default SMS. Tetapi tak perlu khawatir karena setelah proses recovery selesai, maka Anda dapat kembali menggunakan aplikasi SMS default sebelumnya.
  4. Agar Anda tak lupa melakukan backup,, maka gunakan saja.fungsi backup otomatis secara terjadwal. Akses menu Settings, lalu tap bagian Schedule backup settings. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Recovery (Memulihkan) SMS Yang Terhapus"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News