iklan space 728x90px

Hati-hati, Kelebihan 40 Gram Lemak Sehari, Risiko Diabetes Meningkat 3 Kali

Penelitian menunjukkan untuk setiap kelebihan 40 gr lemak yang dikonsumsi dalam sehari, risiko untuk menderita diabetes melitus (DM) akan meningkat tiga kali lipat. Jika sudah menderita diabetes, maka peluang besar mengalami komplikasi sangat tinggi. Ketika komplikasi sudah dialami, usaha untuk menyembuhkan kondisi tubuh ke arah normal cukup sulit. 

Kerusakan yang terjadi umumnya akan menetap, Menurut WHO tahun 1994, upaya pencegahan diabetes ada tiga tahap yaitu:
  1. Pencegahan Primer. Semua aktivitas yang ditujukan untuk mencegah timbulnya hiperglikemia pada individu yang berislko untuk menjadi diabetes atau pada populasi umum.
  2. Pencegahan Sekunder. Menemukan pengidap diabetes sedini mungkin. Misalnya dengan tes penyaringan terutama pada populasi risiko tinggi, dengan demikian pasien diabetes yang sebelumnya tidak terdiagnosis dapat terjaring sehingga dapat dilakukan upaya untuk mencegah komplikasi. Pada tahun yang sama, WHO menyatakan bahwa pendeteksian pasien baru dapat dilakukan dengan cara skrining. Hal ini dimasukkan dalam upaya pencegahan sekunder agar dapat diketahui lebih dini dan mencegah komplikasi:
  3. Pencegahan Tersier. Semua upaya untuk mencegah komplikasi atau kecacatan akibat komplikasi tersebut. Untuk mencegah kecacatan yang terjadi akibat komplikasi harus dimulai dengan deteksi dini komplikasi diabetes agar dapat dikelola dengan baik dan mengendalikan kadar gula darah.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Hati-hati, Kelebihan 40 Gram Lemak Sehari, Risiko Diabetes Meningkat 3 Kali"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News