IBX59ED8B2FED208 Wanawisata Curug Layung Bandung - Jendela Informasi
Loading...

Wanawisata Curug Layung Bandung

Jendela Informasi - Keindahan alam Kabupaten Bandung Barat memang sangat memanjakan para pencinta alam. Salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi adalah Wanawisata Curug Layung. Curug di dalam bahasa Sunda artinya air terjun.

Wanawisata Curug Layung berada pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Curug ini adalah salah satu dari beberapa curug yang terdapat di aliran Sungai Cimahi.

Wanawisata Curug Layung terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Wanawisata Curug Layung ini terbilang masih baru; destinasi wisata ini dibuka pada tahun 2012.


Sebelum menjadi tempat wisata, area ini sempat ditutup untuk umum karena seluruh lokasi dipakai untuk latihan Komando Pasukan Khusus atau Kopassus. Berbeda dengan curug-curug lain, jarak dari pos masuk menuju curug sekitar 500 meter dan jalan menuju Curug Layung terbilang landai hingga cocok bagi keluarga yang membawa anak atau lansia.

Curug Layung tidak terlalu tinggi. Tepat di bawah curug tersebut terdapat kolam alami dan luas yang cocok untuk berenang karena airnya cukup bersih dan jernih. Curug ini berada di deretan paling atas pada aliran Sungai Cimahi, menuju hilir semakin ke bagian bawah masih terdapat curug lain, yakni Curug Lalay, Curug Panganten, Curug Cimahi, Curug Bugbrug, dan Curug Tilu.

Mata kita akan dimanjakan dengan hijaunya hutan serta perkebunan teh karena lokasinya di kaki Gunung Burangrang dan Gunung Tangkubanparahu. Selain itu, pemandangan indah Kota Bandung terlihat jelas di bagian selatan akan memanjakan pengunjung.

Wanawisata Curug Layung memiliki fasilitas yang lengkap, seperti mushala, area kamping, selfie deck, saung, dan warung penjual makanan.

Menuju Wanawisata Curug Layung ini terdapat dua jalan utama yang bisa dilewati, yakni dari arah Bandung atau Lembang, serta dari arah Cimahi kemudian lewat jalur Komando sekitar satu kilometer dari tempat wisata Dusun Bambu dan lewat jalur daerah wisata CIC (Ciwangun Indah Camp). 

Info Singkat
Nama: Wanawisata Curug Layung
Pengelola: Perum Perhutani KPH Bandung Utara dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan 
                  (LMDH) Desa Kertawangi
Luas: + 20 hektar, 2,5 hektar luas area Curug Layung
Tiket masuk: Hiking Rp 10.000/orang, Camping Ground Rp 15.000/orang/malam

[Sumber: Eno/PRM/12/11/2017]