IBX59ED8B2FED208 Siapkan Hal-Hal Berikut Ini Jika Berencana Mengambil Pinjaman untuk Usaha - Jendela Informasi
Loading...

Siapkan Hal-Hal Berikut Ini Jika Berencana Mengambil Pinjaman untuk Usaha


Mengawali sebuah usaha memang membutuhkan modal dan ini yang sering menjadi persoalan utama bagi seorang calon wirausahawan. Apalagi kalau usaha yang sedang dirintis ini memerlukan modal yang cukup banyak untuk dikembangkan. Untungnya, di era sekarang ini banyak pihak yang menyediakan pinjaman untuk usaha. Jenis pinjaman ini beragam, ada yang mensyaratkan jaminan dan ada pula yang tidak mewajibkan menyerahkan jaminan, seperti kredit usaha rakyat yang berasal dari pemerintah, disalurkan melalui BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ada atau tidaknya jaminan, pastinya kita sebagai peminjam harus memenuhi syarat-syarat ketika ingin melakukan pinjaman untuk usaha. Apa saja yang perlu kita persiapkan untuk memenuhi syarat-syarat peminjaman dana? Simak informasinya berikut ini:

1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Ini adalah persyaratan utama yang wajib dipenuhi. Pihak pemberi pinjaman perlu tahu siapa calon peminjamnya yang bisa dilihat dari identitas diri yang sah ini.

2. Fotokopi Akta Nikah
Bagi Anda yang sudah menikah juga wajib melampirkan fotokopi akta nikah sebagai jaminan bahwa pihak bank mengetahui harta atau barang yang digunakan adalah harta bersama Anda dengan pasangan Anda. Apabila terjadi masalah yang berkaitan dengan pinjaman dana ini, dapat diproses dengan baik.

3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Melalui KK, pihak bank dapat memperkirakan kesanggupan Anda untuk membayar cicilan tagihan.

4. Buku Tabungan
Sertakan juga mutasi buku tabungan 3 bulan terakhir. Dari saldo yang tercatat di buku tabungan, maka pihak bank bisa mengetahui kesanggupan Anda untuk mengganti pinjaman yang nantinya akan diberikan.

5. Slip Gaji
Ketika pihak bank mengetahui nominal pendapatan Anda, maka jumlah pinjaman yang akan diberikan pun akan disesuaikan. Jadi, pihak bank dapat lebih mudah memberikan keputusan terkait peminjaman dana ini.

6. Cicilan Lainnya
Ini juga perlu diperhatikan ketika Anda ingin mengajukan pinjaman dana. Cicilan atau kredit yang belum lunas maka menjadi pertimbangan bagi pihak bank untuk memberikan pinjaman karena dianggap masih ada urusan pinjaman yang belum diselesaikan. Sebaiknya, cicilan lainnya diselesaikan terlebih dahulu agar Anda dapat menerima pinjaman khusus untuk mengembangkan usaha Anda.

Nah, sudah siap menjalani usaha Anda yang lebih besar di tahun ini?

0 Response to "Siapkan Hal-Hal Berikut Ini Jika Berencana Mengambil Pinjaman untuk Usaha"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.