IBX59ED8B2FED208 Menyusuri Cagar Biosfer Lore Lindu Sulawesi Tengah - Jendela Informasi
Loading...

Menyusuri Cagar Biosfer Lore Lindu Sulawesi Tengah

Jendela Informasi - Taman Nasional Lore Lindu terdapat sekitar 60 kilometer selatan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Terletak di garis peralihan antara zona Asia dari Australia, taman nasional ini memiliki berbagai tipe ekosistem, yaitu hutan pamah tropika, hutan pegunungan bawah, hutan pegunungan, hingga ke hutan dengan komposisi jenis yang berbeda.

Menyandang status sebagai Cagar Biosfer dari UNESCO sejak 1977, taman nasional ini memiliki kumpulan batuan megalitik yang bagus dan merupakan salah satu monumen megalitik terbaik di Indonesia. Untuk melihat bebatuan megalitikum ini, Anda dapat berkunjung ke Lembah Saluki, Lembah Bada, dan Lembah Napu.


Berbagai ragam satwa bisa ditemui di tempat ini, terdiri dari 117 jenis mamalia, 88 jenis burung, 29 jenis reptil, dan 19 jenis amfibi. Satwa yang terdapat di kawasan ini kebanyakan merupakan endemik asli Sulawesi. Beberapa di antaranya adalah Kera Tonkean, Kuskus, Maleo, Katak Sulawesi, Musang Sulawesi, Ular Emas, dan Ikan endemik yang berada di Danau Lindu.

Anda yang suka berkemah, lintas hutan, dan melakukan pengamatan satwa bisa mengunjungi Dongi-dongi dan Kamarora karena lokasi ini sayang untuk dilewati begitu saja. Dilansir dari laman dephut.gb.id, musim kunjungan terbaik Taman Nasional Lore Lindu ini terdapat pada bulan Juli sampai dengan bulan September. Selain kekayaan alam, kita dapat menikmati Festival Danau Poso yang diadakan pada bulan Agustus tiap tahunnya.

Dari Palu, Anda bisa menggunakan mobil menuju Kamarora yang jarak tempuhnya 50 Km dengan waktu sekitar 2 setengah jam. Dari Palu ke Malawi sekitar 6 jam menempuh 80 Km perjalanan.

Selain itu, bisa juga dari Palu ke Wuasa dengan jarak 100 Km dalam waktu 5 jam. Dari Wuasa, lanjut lagi dengan mobil sekitar 4 jam ke Besoa. Perjalanan ke dalam kawasan taman nasional bisa dilalui dengan berjalan kaki atau menunggang kuda mengikuti rute Gimpu, Besoa, Bada, yang bisa ditempuh selama 3 hari.

0 Response to "Menyusuri Cagar Biosfer Lore Lindu Sulawesi Tengah"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.