IBX59ED8B2FED208 3 Pantai Cantik di Cilacap Ini Layak Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Jendela Informasi
Loading...

3 Pantai Cantik di Cilacap Ini Layak Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun

Jendela Informasi - Berada di bagian paling selatan Provinsi Jawa Tengah, Cilacap dikenal sebagai kota nelayan yang memiliki garis pantai sepanjang 105 km. Dengan potensi itu pula Cilacap memiliki beberapa pantai yang menjadi destinasi wisata. Ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi ketika berada di Cilacap. Terdapat 3 pantai cantik di Cilacap, yaitu Pantai Teluk Penyu, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Karang Pandan. Dua pantai terakhir terletak di Pulau Nusakambangan yang dikenal dengan keberadaan lembaga pemasyarakatannya.

Teluk Penyu
Dari peta, Teluk Penyu membentang begitu luasnya di titik barat bagian selatan Provinsi Jawa Tengah. Kota Cilacap mendapat bagian paling ujung teluk yang berbatasan dengan Selat Segara Anakan.

Pantai Teluk Penyu menjadi destinasi wisata paling favorit bagi warga Cilacap dan sekitarnya karena Pantai Teluk Penyu mudah ditempuh dari arah mana saja dari pusat kota. Tak banyak kegiatan perairan di pantai ini selain memancing atau menjadi jalan untuk menyeberang ke Nusakambangan. Pantai itu juga tak begitu cocok untuk berenang kecuali bermain air di pesisirnya karena Pantai Teluk Penyu dikenal sebagai pantai penambangan seperti pasir besi terutama di bagian paling barat.

Teluk Penyu

Meskipun berupa teluk, gelombang yang kerap menghampiri pantai itu cukup kencang. Hal tersebut membuat pemerintah setempat membuat banyak dermaga batu di banyak titik sepanjang pantai, terutama yang kerap didatangi pengunjung.

Di dermaga itu pula sebagian pengunjung menghibur diri dengan memancing. Sebagian lainnya mengambil banyak foto laut lepas Samudra Indonesia. Berbeda dengan pantai wisata pada umumnya, di Teluk Penyu pemandangan yang lazim ditemui di laut lepas justru kapal-kapal yang berkaitan dengan kegiatan penambangan, antara lain milik Pertamina.

Sejak 1970-an, Pertamina membuka lahan usaha di semenanjung pantai sebelah barat, yakni Pertamina UP IV Cilacap. Itu pula yang membuat daerah pantai tersebut dikenal dengan nama Area 70. Adanya kegiatan usaha tersebut diperkirakan menyebabkan para penyu tidak lagi ditemukan di pesisir pantai. Padahal, sesuai dengan namanya, Teluk Penyu memang menjadi tempat bagi banyak penyu untuk bertelur sebelum kembali ke laut yang dingin.

Tak seperti kebanyakan pantai di selatan Jawa Barat, fajar yang menyingsing di Cilacap datang agak terlambat, saat langit sudah beranjak terang. Tak harus menunggu sejak subuh karena matahari mulai muncul sekitar pukul 6.00.

Pantai Pasir Putih dan Karang Pandan
Pantai Pasir Putih dan Karang Pandan berada di Pulau Nusakambangan. Untuk ke sana pengunjung harus menaiki kapal dan menyeberangi Selat Segara Anakan. Ada banyak "kapal berlisensi" yang biasa menyeberangkan pengunjung ke pulau. Kapal-kapal itu sudah terdaftar dan resmi beroperasi di bawah Dinas Pariwisata Kota Cilacap, jam operasinya mulai pukul 6.00 hingga 17.00. Di atas jam operasional tersebut, agak sulit untuk bisa menggunakan jasa mereka. Tarif untuk menyeberang dengan kapal motor itu Sekitar Rp. 150.000-Rp. 300.000.

Untuk menyeberang ke Nusakambangan langsung dari Teluk Penyu dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Di Dermaga Wijayapura, kapal berhenti dan kita segera memasuki lokasi wisata Pantai Pasir Putih dan Karang Pandan. Tiket masuknya Rp 5.000 per orang. Dari dermaga, pengunjung harus menempuh waktu sekitar setengah jam berjalan kaki untuk mencapai kedua pantai tersebut. Pengunjung bisa pula memanfaatkan odong-odong yang dijalankan warga setempat dengan tarif Rp. 10.000 tiap orang untuk satu kali perjalanan mulai dari dermaga hingga Benteng Karang Bolong.

Pantai Pasir Putih

Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Putih sangat memanjakan mata. Gugusan karang bertumpuk berserakan di sisi barat menjadi pembatas pantai yang tak begitu panjang ini. Jika langit tengah cerah, pengunjung bisa mengambil spot foto di sekitar lekukan pantai dengan pasir putihnya. Sangat cantik, tak kalah dengan pantai-pantai di Thailand. Jika ingin pelesir bersama keluarga, pantai ini cocok karena masih sepi pengunjung. Namun, karena masih sepi pula, tak banyak fasilitas penunjang wisata di sana.

Kondisi yang tak berbeda jauh juga hadir di Pantai Karang Pandan. Perbedaannya hanya dari warna pasirnya yang tidak seputih pantai tetangganya. Inilah pantai wisata paling ujung barat di Nusakambangan. Untuk menjangkaunya, pengunjung harus menuruni tebing kecil yang sepertinya jika tengah musim penghujan agak kurang nyaman untuk dilalui. Sebetulnya, jika tengah musim hujan, pengunjung justru bisa menikmati "air terjun mini" di sekitar tebing karang di Pantai Kapng Pandan. Disebut demikian karena air hujan yang mengalir di bukit bagian atas jatuh bercucuran di tebing karang sekitar pantai, menyerupai air terjun. 

Pantai Karang Pandan

Meskipun daerah pantai, udara pantai yang lembap tidak kita temui, malah cenderung berangin. Ketiga pantai cantik di Cilacap ini masih terbilang perawan. Tak banyak layanan wisata dan fasilitas penunjang untuk pengunjung. Meskipun demikian, seperti banyak tempat eksotis lain di Indonesia, pantai-pantai di Cilacap juga memiliki pesona tersendiri. Yang pasti 3 pantai cantik di Cilacap ini layak dikunjungi saat liburan akhir tahun.

0 Response to "3 Pantai Cantik di Cilacap Ini Layak Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.