iklan space 728x90px

5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Mendetoksifikasi Tubuh Anda

Jendela Informasi - Salah satu risiko hidup di perkotaan adalah mudahnya tubuh kita terpapar berbagai polusi dan radikal bebas yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Hal ini sebenarnya bisa diminimalkan atau bahkan dihindari dengan rajin melakukan detoksifikasi terhadap tubuh kita. Salah satu metode yang paling umum adalah dengan pemilihan diet/pola makan seimbang dan berolah raga.

Akan tetapi, sering kali dengan sempitnya waktu luang ditambah dengan tingginya ritme kerja membuat kita kesulitan dalam memilih pola makan seimbang dan berolah raga. Lantas bagaimana solusinya? Tenang saja, seperti dikutip dari Shape, berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang secara tidak sadar kita lakukan justru dapat berperan dalam mendetoksifikasi tubuh Anda secara otomatis.

Tidur Lebih Lama
Para peneliti sepakat tidur merupakan hal yang penting dalam mempertahankan gaya hidup sehat. Agar tidur bisa berkontribusi positif terhadap kesehatan tubuh Anda, tidurlah setidaknya delapan jam setiap malamnya. Dengan melakukan kebiasaan ini, secara tidak sadar Anda dapat mendetoksifikasi tubuh Anda sendiri dengan hal sederhana seperti tidur.

Minumlah Air Putih Sebelum Tidur dan Setelah Bangun
Saat kita tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi. Itulah mengapa sangat penting bagi seseorang untuk minum segelas besar air putih sebelum Anda tidur dan tepat setelah Anda bangun. Tentu saja, air juga harus menjadi bagian penting dari pola konsumsi Anda sepanjang hari. Hal ini karena air merupakan zat pelarut yang sangat baik sehingga dengan takaran yang tepat minum air putih akan mempercepat peluruhan zat-zat racun keluar tubuh Anda.

Perbanyak Peregangan Saat Beristirahat
Jika Anda merupakan pekerja kantoran, kemungkinan Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan duduk. Jika kondisinya seperti ini, pastikan untuk beranjak setiap satu jam atau lebih, dan luangkan waktu selama satu atau dua menit untuk melakukan peregangan dan berjalan di sekitar kantor. Anda akan merasa lebih bersemangat setelah melakukannya.

Hindari Minuman yang Membuat Anda Kembung
Ketimbang meminum minuman karbonasi/soda, Anda lebih baik meminum air putih yang sudah dicampur dengan lemon segar atau meminum teh yang sudah dicampur dengan peppermint. Hal ini dikarenakan air putih atau campuran teh tersebut dapat membantu membakar kalori tubuh Anda, berkebalikan dengan minuman karbonasi/soda yang justru bisa menambah kalori dalam tubuh Anda. Proses pembakaran kalori membantu detoksifikasi sebagai mana halnya dengan berolah raga.

Jangan Terlalu Memaksakan Diri
Melakukan tindakan drastis dengan langsung menghindari makanan yang Anda sukai hanya akan semakin meningkatkan rasa lapar. Biarkan diri Anda menikmati makanan yang Anda sukai dalam takaran yang sewajarnya. Karena kunci untuk mendetoksifikasi tubuh kita adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan dan memastikan kita berdiet seimbang secara keseluruhan. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Mendetoksifikasi Tubuh Anda"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News