IBX59ED8B2FED208 Dimsum, Kuliner Wajib Warga Hong Kong dan Tiongkok yang Menggoda Selera - Jendela Informasi
Loading...

Dimsum, Kuliner Wajib Warga Hong Kong dan Tiongkok yang Menggoda Selera

Jendela Informasi - Dimsum adalah kudapan asal Tiongkok yang dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Hidangan ini identik dengan porsinya yang kecil serta bentuknya yang menarik dan bervariasi. Disajikan di dalam kukusan bambu kecil untuk menjaga suhu panas, dimsum cocok dinikmati sebagai menu sarapan hingga ngemil cantik dalam suasana apa saja.

Uniknya, meski sudah berusia ribuan tahun, pamor dimsum bukannya memudar. Justru, dimsum menjadi salah satu hidangan yang banyak digandrungi orang dari berbagai kalangan dan usia. Dimsum hadir dengan berbagai inovasi, baik dari segi bentuk, isian, hingga cara penyajian.

Itu sebabnya, semakin banyak tempat bersantap yang memilih varian dimsum sebagai sajian dalam daftar menu. Banyak pula yang pada akhirnya memutuskan untuk hanya menjual aneka dimsum. 

Dimsum atau sering disebut dianxin dalam bahasa Mandarin, secara harfiah berarti "sedikit dari hati" atau "menyentuh hatimu". Kata itu disunting dari frasa "yi dian xin yi" yang artinya “sedikit tanda mata”.

Sejak abad ke-10, telah dikenal sekitar 2.000 jenis macam dimsum. Di Tiongkok dan Hong Kong, dimsum menjadi sarapan khas warga. Dahulu kala, masyarakat Tiongkok menyajikan dimsum sebagai salah satu kuliner wajib dalam acara-acara besar dan peringatan khusus.

Karena banyak disukai orang, dimsum kini banyak ditemui sebagai kudapan kaki lima. Saking terkenalnya di Hong Kong, sampai ada ungkapan bahwa jangan pernah meninggalkan Hong Kong sebelum menyantap aneka dimsum.

Dimsum sengaja dibuat kecil agar mudah disantap dalam satu kali suapan. Dalam satu porsi pun jumlahnya hanya berkisar antara 3 hingga 4 potong. Bentuknya juga harus seindah mungkin agar menarik perhatian dan enak dinikmati bersama teh. Dimsum juga nikmat disantap sebagai kudapan pembuka serta teman menyeruput kopi. Penyajiannya yang simpel dan sehat, membuat semakin banyak orang tertarik.