IBX59ED8B2FED208 Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Pamerkan Koleksi Ikan dari Berbagai Negara - Jendela Informasi
Loading...

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Pamerkan Koleksi Ikan dari Berbagai Negara


Jendela Informasi - Sebenarnya kunjungan wisata Anda ke Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, belum lengkap jika belum mengunjungi Purbasari Pancuran Mas yang masuk ke dalam Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara. Dari Taman Reptil, jarak ke akuarium tersebut sekitar empat kilometer menyusuri jalan perdesaan.

Purbasari Pancuran Mas awalnya dikenal sebagai Taman Purbayasa berupa akuarium raksasa Purbayasa karena pada awalnya tempat itu menyimpan koleksi hidup Arapaima gigas, ikan air tawar raksasa dari Amazon. 

Semula, Purbasari Pancuran Mas atau Purbamas merupakan koleksi pribadi Haji Sarimun Budi Purwanto sejak 1993. Karena koleksi ikan-ikannya banyak, akhirnya keluarga dan masyarakat sekitar mendorong untuk membukanya sebagai tempat wisata hingga sekarang. Apalagi, lokasinya masih satu kawasan dengan Sanggaruli Park dan Owabong.

Tempat tersebut tidak hanya memamerkan koleksi ikan dari sungai-sungai dalam negeri, tetapi juga dari mancanegara. Bisa dikatakan, Purbasari Pancuran Mas merupakan taman rekreasi sekaligus wahana pendidikan untuk rekreasi keluarga dan sekolah.

Di akuarium tersebut pengunjung dapat menyaksikan aneka macam ikan langka dari sejumlah benua seperti Asia, Australia, Eropa, Afrika, hingga Amerika. Salah satu yang menjadi ikon adalah ikan buas dari Sungai Amazon, piranha, yang menjadi salah satu daya tarik pengelola objek wisata. Demikian juga Arapaima gigas yang merupakan ikan air tawar raksasa dari Sungai Amazon. Panjang ikan tersebut mencapai 2,5 meter dan berbobot 1,2 kuintal. Ada 9 Arapaima gigas di sana. 

Terdapat sekitar 80 jenis koleksi ikan tawar lain. Ikan-ikan tersebut dipajang dalam beberapa akuarium besar yang sirkulasi airnya dijaga baik. Selain kaca akuarium yang tebal, dipasang pagar pembatas sekitar satu meter.

Selain berbagai macam ikan, di Purbayasa terdapat berbagai macam unggas dan burung. Aneka jenis burung eksotis menjadi daya tarik Exotic Bird Park, salah satu bagian dari Purbasari Pancuran Mas. Exotic Bird Park menghadirkan banyak koleksi burung cantik yang ditempatkan di dalam sangkar dan kandang.

Beberapa burung di antaranya adalah merpati, nuri, betet, rangkong, dan merak. Semuanya bisa dilihat dari dekat. Beberapa sangkar bahkan ditempatkan tersebar di beberapa sudut taman sehingga lebih mudah dinikmati pengunjung.

0 Response to "Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Pamerkan Koleksi Ikan dari Berbagai Negara"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.