IBX59ED8B2FED208 Tips Bersepeda Malam Hari - Jendela Informasi
Loading...

Tips Bersepeda Malam Hari


Jendela Informasi - Jika tidak terpaksa, ada baiknya Anda bersepeda beramai-ramai. Safety in numbers telah dibuktikan oleh Universitas New South Wales bahwa semakin banyak jumlah pesepeda di jalan raya, pengendara kendaraan bermotor akan lebih hati-hati sehingga dapat menghindari kecelakaan.

Begitu pula dalam memilih rute, ada baiknya yang tidak terlalu sepi demi faktor keamanan meskipun di siang hari lebih baik memilih jalur yang tidak ramai karena kadar polutannya jauh lebih sedikit. Nah, berikut adalah beberapa tips bersepeda malam hari.
1. Pasang lampu sepeda dengan baik dan pastikan berfungsi. Gunakan lampu depan yang terang agar dapat melihat jalan dengan jelas dan gunakan lampu belakang (tidak sekadar reflektor) yang terlihat jelas. Ada baiknya lampu belakang diatur pada mode kedip. 
2. Bersepedalah pada jalur yang disediakan dan selalu fokus agar tidak terlalu berjalan ke tengah. Tingkat kewaspadaan harus dijaga dengan baik. Kalau merasa lelah, ada baiknya jangan dipaksakan dan segeralah berhenti.
3. Kenakan pakaian yang terang atau memiliki reflektor sehingga pengendara kendaraan bermotor yang akan mendahului akan lebih aware kepada Anda. 
4. Jika hujan, pastikan Anda membawa jas hujan yang nyaman (ada atasan dan bawahannya). Jangan memaksakan diri bersepeda malam hari saat hujan karena suhunya jauh lebih dingin kecuali kalau sudah terbiasa. Faktor lain yang perlu diwaspadai adalah genangan air yang dikhawatirkan ada lubang.
5. Jika ingjn beristirahat pilihlah tempat yang aman, misalnya masjid besar/agung atau SPBU. Sebagian besar orang biasa beristirahat atau menginap di dua tempat tersebut karena biasanya memiliki sumber air yang cukup. Kalau benar-benar terpaksa, tidak masalah beristirahat di kantor polisi atau markas tentara setelah meminta izin.

0 Response to "Tips Bersepeda Malam Hari"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.