IBX59ED8B2FED208 Kehamilan Ektopik, Faktor Pencetus Dan Cara Menghindarinya - Jendela Informasi
Loading...

Kehamilan Ektopik, Faktor Pencetus Dan Cara Menghindarinya


Kehamilan ektopik yang disebut juga kehamilan tuba, merupakan kehamilan yang terjadi bukan di dalam rahim melainkan di saluran tuba falopi. Kejadian ini cukup sering terjadi, sekitar sekitar 1 kasus pada tiap 50 wanita. 

Pada dasarnya belum diketahui secara pasti apa penyebab hamil di luar kandungan. Namun ada beberapa faktor resiko yang meningkatkan kemungkinan terjadinya hamil ektopik. Di antaranya:
  1. Memakai kontrasepsi IUD
  2. Ada sejarah penyakit menular seksual atau radang pelvis
  3. Kehamilan ektopik sebelumnya. Jika Anda sebelumnya pernah mengalami kehamilan ektopik, maka kehamilan anda selanjutnya memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami hal yang sama
  4. Merokok atau berada di lingkungan para perokok, juga mengkonsumsi minuman keras
  5. Usaha meningkatkan kesuburan yang gagal
  6. Kehamilan dari bayi tabung juga beresiko untuk mengalami kehamilan di luar kandungan
Walau begitu Anda juga dapat menghindari kehamilan ektopik. Ada 4 cara untuk menghindari kehamilan ektopik, yaitu:

Seks yang sehat agar terhindar dari penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual atau PMS merupakan salah satu pencetus utama terjadinya kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan. Karena itu Anda sebaiknya hanya setia terhadap satu pasangan. Melakukan seks sehat yang aman, serta melakukan tes secara berkala untuk memastikan bahwa anda dan pasangan terbebas dari PMS.

Berhenti merokok bagi Anda yang saat ini sedang merokok atau menjauhlah dari lingkungan perokok agar anda tidak menjadi perokok pasif. 

Segera melakukan pengobatan jika Anda atau pasangan mengalami gejala PMS. Gejala PMS yang terjadi biasanya adalah rasa sakit di bagian genital atau saat melakukan hubungan. Beberapa penyakit juga tidak menampakan gejala yang berarti di awal-awal sehingga sangat dibutuhkan tes yang teratur untuk menemukan kemungkinan tersebut. 

Kenali faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan kehamilan di luar kandungan. Sehingga Anda dan pasangan bisa lebih siap dan waspada terutama jika anda punya salah satu faktor resiko pencetus. 

0 Response to "Kehamilan Ektopik, Faktor Pencetus Dan Cara Menghindarinya"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.