IBX59ED8B2FED208 Cara Menghemat Bbm Mobil Pada Saat Mudik - Jendela Informasi
Loading...

Cara Menghemat Bbm Mobil Pada Saat Mudik


Cara menghemat bbm memang perlu dilakukan saat anda mudik, Mudik sendiri adalah kegiatan mengunjungi orang tua atau sanak saudara di kampung halaman, banyak sekali orang mulai berbondong-bondong untuk bisa melaksanakannya setiap tahun terutama pada saat lebaran datang. Namun memang biaya yang harus dikeluarkan setiap orangnya tidaklah murah, belum biaya transportasi, makan dan juga waktu.

Jika anda menggunakan kendaraan seperti mobil pribadi tentunya lain halnya, namun memang ada salah satu biaya harus anda siapkan jika ingin mudik menggunakan mobil pribadi yakni masalah bahan bakar. Walaupun memang saat ini stasiun bahan bakar umum atau SPBU sudah sangat mudah ditemui namun tidak ada salahnya memang jika para pemudik lebih menghemat bahan bakar selama dalam perjalanan. Tentunya untuk anda dapat menghemat bahan bakar dapat melakukan cara menghemat bbm seperti halnya berikut ini:

1.    Anda harus memeriksa tekanan angin pada ban mobil anda
Ketika ban anda berkurang tekanan bannya maka bisa mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Perlu anda ketahui juga jika tekanan angin tersebut biasanya akan berkurang sebesar 2 Psi setiap bulannya. Maka dari itu memang anda harus menjaga tekanan angin yang perlu anda lakukan setiap sebulan sekali.

2.    Anda bisa mengurangi beban pada kendaraan anda
Tentunya kendaraan akan lebih boros lagi bahan bakarnya sekitaran 1 sampai 2 persen pada tiap bulannya adalah seberat 50 kilogram di mobil. Tentunya untuk menghindari bobot yang berlebihan tersebut maka bawalah barang yang penting saja ketika bepergian.
3.    Anda harus efektif menggunakan AC

Tentunya untuk lebih menghemat bahan bakar, AC sebaiknya anda tidak nyalakan jika kabin mobil anda tidak diserang oleh udara panas. Anda bisa mengoptimalkan kinerja AC dengan cara mematikan switch pada saat anda membutuhkan engine power, misalnya adalah ketika melewati jalan menanjak atau bisa dengan memanfaatkan economy mode yang akan bisa membuat beban dari kompresor anda berkurang.

4.    Anda harus mengemudikan kendaraan anda dengan kecepatan konstan
Tentunya jika anda mengemudikan mobil atau kendaraan lainnya dengan cara tersebut maka cara tersebut adalah cara yang paling tepat dengan menghindari berhenti mendadak dan anda bisa mulai dengan membuka gas anda dengan perlahan-lahan. Tentunya pengendara disarankan bisa mempertahankan RPM di angka 2.000 sampai 2.500 agar nantinya kecepatan mesin anda tetaplah serendah mungkin.

5.    Wajib mematikan mesin ketika berhenti
Tentunya dengan anda mematikan mesin kendaraan anda ketika berhenti maka hal tersebut dinilai dapat menghemat pada penggunaan bahan bakar anda, misalnya adalah pada saat macet lalu lintas atau perhentian rel kereta api.

6.    Mengurangi pada penggunaan aksesori
Di sini anda dapat menanggalkan aksesori anda yang memang tidak terpakai lagi seperti rak atap dan juga pengangkut bagasi. Mengapa? Karena penggunaannya sendiri dapat membuat seretan aerodinamik yang bisa berdampak kepada konsumsi bahan bakar anda.

7.    Anda bisa menutup jendela pada saat kecepatan tinggi
Pada saat anda menggunakan mobil anda dalam kecepatan tinggi, sebaiknya kaca jendela anda di tutup. Kaca jendela sendiri memang dinilai bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar anda karena angin yang masuk ke dalam kabin dapat menambah beban anda.

Nah itulah beberapa cara menghemat BBM yang bisa anda lakukan. Semakin hemat pengeluaran BBM anda, sama artinya dengan anda menghemat pengeluaran bulanan, bukankah begitu?