IBX59ED8B2FED208 4 Kawah Unik di Kawasan Wisata Kamojang - Jendela Informasi
Loading...

4 Kawah Unik di Kawasan Wisata Kamojang


Jendela Informasi - Kamojang terletak di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat di bawah pertemuan lereng Gunung Papandayan dan Gunung Guntur. Kawasannya bersuhu cukup dingin dan memiliki banyak kawah unik yang menyemburkan uap air panas. Beberapa kawah dikelola secara komersial oleh perusahaan proyek listrik tenaga uap (PLTU).

Kabarnya, uap yang tersembur di kawah-kawah Kamojang sangat baik bagi kesehatan kulit. Banyak wisatawan yang berdatangan sengaja mandi uap beraroma belerang.

Uap mengepul dari air yang menggelegak. Panasnya sanggup mematangkan telur dalam waktu sekitar 10 menit.

Kawah-kawah yang terdapat di Kamojang memiliki nama. Contohnya, Kawah Manuk, kawah pertama yang akan kita lihat jika memasuki kawasan wisata Kamojang. Selanjutnya, Kawah Kareta Api, kawah yang unik karena hanya terlihat semburan uap berwarna putih dan bergemuruh seperti lokomotif kereta api.

Ada Kawah Hujan yang menyemburkan uap lembut seperti hujan gerimis. Lalu Kawah Beureum, kawah terakhir yang berada di kawasan wisata Kamojang.

Di sekitar kawah-kawah tersebut, terdapat pemandian air panas yang terbuka. Di Kamojang juga terdapat hutan pinus yang rapat dan padat. Ada pula danau alam Ciharus yang bersejarah. 

Di kawasan sekitar danau yang berada di kaki Gunung Rakutak, pada Juni 1962 gembong pemberontak DI/TII Kartosuwiryo tertangkap oleh pasukan Kujang Siliwangi Batalyon 328 pimpinan Letda Suhanda. Berakhirlah kekerasan bersenjata di Jawa Barat yang sudah berlangsung sejak 1949. [H. Usep Romli HM/Maman Soleman]