IBX59ED8B2FED208 Harbolnas, Saatnya Masyarakat Melek E-commerce - Jendela Informasi
Loading...

Harbolnas, Saatnya Masyarakat Melek E-commerce


Jendela Informasi - Perhelatan diskon akbar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang tahun ini mulai digelar pada hari ini 12.12 (12 Desember) bakal jadi momentum untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya industri e-commerce di Indonesia saat ini.

Dengan terus meningkatnya konsumen belanja online, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelaku UKM (usaha kecil dan menengah) yang dapat memanfaatkan potensi e-commerce sehingga perekonomian Indonesia dapat meningkat lebih signifikan lagi.

Harbolnas tahun ini diselenggarakan dengan semangat meningkatkan kualitas ekosistem e-commerce, yaitu pengalaman konsumen dalam belanja daring (online), pertumbuhan pelaku UKM sebagai penjual, serta pihak pendukung yang memungkinkan terjadinya transaksi daring seperti mitra kerja sama logistik, metode pembayaran, dan industri telekomunikasi.

Dengan kata lain, setiap pihak memiliki peranan masing-masing dalam Harbolnas 2018 untuk mempercepat pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia. Harbolnas juga sebagai gerakan mendukung pemerintah dalam memajukan industri e-commerce di Tanah Air. Karena itulah, dukungan pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lebih banyak pihak terhadap potensi e-commerce yang bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Apalagi sekarang ini semakin banyak pengguna internet di berbagai kota dan semakin terjangkaunya perangkat internet. Kondisi itu akan membuat masyarakat Indonesia semakin mudah dan nyaman dalam berbelanja daring.

Itu sebabnya, kini saatnya masyarakat melek e-commerce atau belanja online. Tanpa ada rasa khawatir lagi lantaran kehilangan waktu akibat macet atau jarak tempuh yang jauh.

Harbolnas kali ini dapat dijadikan momentum mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya industri e-commerce di Tanah Air. Respons positif itu terbukti dengan jumlah industri e-commerce yang terlibat pada Harbolnas kali ini meningkat.

Pada tahun ke-7 ajang Harbolnas ini, sedikitnya sudah 211 e-commerce yang terdaftar untuk berpartisipasi atau meningkat sebanyak 48,6% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang diikuti 142 e-commerce. Itu artinya e-commerce menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan provider mendukung perkembangan itu dengan terus menjaga kualitas jaringan sehingga pelanggan akan mendapatkan pengalaman internet terbaik.

Selain itu sejumlah bank menyampaikan dukungannya terhadap perkembangan e-commerce di Indonesia saat ini yang semakin hari makin maju dan sangat menjanjikan. Hal itulah yang mendasari kalangan bank untuk terus berinovasi serta menawarkan berbagai solusi pembayaran secara online agar kenyamanan dan keamanan transaksi konsumen dalam berbelanja dapat terjaga.