IBX59ED8B2FED208 Inilah 10 Cabang Olahraga Terpopuler di Dunia - Jendela Informasi
Loading...

Inilah 10 Cabang Olahraga Terpopuler di Dunia

Jendela Informasi - Begitu banyak cabang olahraga di dunia, membuat masyarakat disajikan tontonan yang menarik. Setiap orang memang punya kegemaran. Ada yang menyukai sepak bola, tenis meja, atau rugbi.

Popularitas cabang-cabang olahraga tersebut berbeda-beda. Ada yang banyak penggemarnya ada juga yang sedikit. Berikut ini, sepuluh cabang olahraga terpopuler di dunia dan banyak ditonton.

10. Golf
Di posisi sepuluh adalah golf. Ini salah satu olah raga dengan bayaran te-tinggi di dunia. Berdasarkan statistik yang dikumpulkan dari berbagai sumber, golf memiliki basis penggemar 450 juta orang. Pemirsa olah raga ini terutama berasal dari AS, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Tur PGA dan Tur Eropa PGA sangat populer. Beberapa pemain golf paling penting yang telah membawa olah raga ini ke tingkat popularitas baru adalah Michelle Wie, Cristie Kerr, Phil Mickelson, dan tentu saja, Tiger Woods. Nama terakhir menjadi salah satu atlet terkaya di dunia. Pendapatan Tiger Woods pada 2015 adalah 50,6 juta dolar AS atau setara dengan Rp 700 miliar.

9. Rugbi
Di posisi sembilan ada rugbi, dengan jumlah fans sekitar 475 juta. Rugbi menarik minat pecinta olah raga di Prancis, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan. The Rugby World berhasil menjangkau 789 juta penonton. Turnamen rugbi penting lainnya adalah Piala Dunia Rugbi Wanita dan Kejuaraan Enam Negara. Beberapa pemain rugbi tenar adalah Dan Carter, Jonah Lomu, Selica Winiata, Magali Harvey, Ben Roethlisberger, dll.

Ben Roethlisberger dikenal sebagai pemain rugbi asal AS yang bergabung dalam Pittsburgh Steelers dari National Footbal League (NFL). Roethlisberger dikenal sebagai passer paling efisien sepanjang sejarah NFL. Ia memiliki pendapatan sebesar Rp 652 miliar sepanjang 2015, membuatnya masuk jajaran atlet terkaya di dunia.

8. Bisbol
Olah raga berikutnya adalah bisbol, yang populer di AS dan Jepang. Jumlah fansnya 500 juta berasal juga dari Kanada, Meksiko, dan Korea. Turnamen bisbol yang paling menarik adalah World Series, World Baseball Classic, dan Premierl2 World Championship. Selain Babe Ruth yang dikenal sebagai legenda, pemain lain yang telah menjadikan olah raga ini populer baru-baru ini adalah Clayton Kershaw, Bryce Harper, dan Eri Yoshida.

Bicara soal bayaran tertinggi, atletnya adalah Alex Rodriguez. Laman forbes.com menyebutkan Alex memiliki pendapatan sebesar 29 juta dolar AS atau setara Rp 329 miliar. 

7. Basket
Dengan sekitar 825 juta fans di seluruh dunia, yang sebagian besar berasal dari Tiongkok dan AS, basket adalah olah raga indoor ke-7 yang paling banyak ditonton di dunia. Pemirsanya juga berbasis di Eropa dan Amerika Selatan. Turnamen basket paling populer adalah NBA, yang ditayangkan di lebih dari 200 negara.

Beberapa pemain basket populer di dunia di antaranya Maya Moore, Candace Parker, LeBron James, dan Kobe Bryant.

6. Tenis meja
Olah raga indoor utama lainnya dengan jumlah penonton yang besar adalah tenis meja atau pingpong dengan 875 juta fans. Olah raga ini paling populer di Tiongkok, Korea Selatan, dan beberapa negara Eropa, terutama Swedia. Kejuaraan Tenis Meja Dunia, Piala Dunia Tenis Meja, Tur Dunia ITTF adalah beberapa turnamen paling populer. Olimpiade dan Asian Games, juga menjadi penunjang kepopuleran tenis meja.

Ma Long, Wang Hao, Ding Ling, dan Liu Shiwen adalah beberapa pemain tenis meja terbaik dunia. Pada 2010, klub Tiongkok, Shanxi, berani membayar pemain tenis meja nomor empat dunia, Guo Yan, sebesar 11,3 juta yuan atau sekitar Rp 15 miliar untuk kontrak selama dua tahun. Guo merupakan runner-up Kejuaraan Dunia 2005.

5. Bola voli
Voli menduduki tempat kelima dengan sekitar 900 juta penggemar, terutama di Brasil. Orang-orang Asia dan Eropa juga suka menonton voli. Kejuaraan Dunia Voli Pria dan Wanita serta Piala Dunia Voli Pria dan Wanita adalah turnamen paling populer. Atlet voli seperti Giba, Earvin N'Gapeth, Logan Tom, Yekaterina Gamova berhasil menjadikan olah raga ini sangat populer di masa lalu. 

Pada 2018, spiker wanita asal Tiongkok, Zhu Ying, menjadi salah satu pevoli dengan sederet prestasi, termasuk medali emas Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Zhu mendapat bayaran 1,5 juta euro atau sekitar Rp 22,7 miliar dalam setahun.

4. Tenis
Tenis memiliki basis penggemar 1 miliar orang. Olah raga ini populer di negara-negara Amerika Utara, Latin, Eropa, Australia, dan Asia. Australia Open, French Open, Wimbledon, US Open, dan Indian Wells Tennis Masters meraih pemirsa tertinggi di kalangan pecinta tenis dari seluruh dunia.

Pemain tenis yang menduduki peringkat tinggi dunia seperti Roger Federer, Rafael Nadal, Andy Murray, Serena Williams, Venus Williams, Maria Sharapova, tidak membuat kita bisa melupakan mantan pemain tenis seperti Steffi Graf atau Bjorn Borg.

Meski tak muda lagi, Roger Federer, ditengarai sebagai atlet dengan bayaran termahal 2018, yaitu 77,2 juta dolar AS (sekitar Rp 1,09 triliun).

3. Hoki lapangan
Dengan 2 miliar penggemar, hoki lapangan menduduki tempat ke-3. India dan Pakistan memiliki jumlah pemirsa tertinggi. Bahkan, banyak yang berpendapat bahwa hoki adalah olah raga nasional India. Australia, Jepang, dan Eropa Barat juga menyukai olah raga ini. Piala Hoki Dunia, Piala Champions, dan Tantangan Hoki Champions menarik banyak pengunjung.

Beberapa pemain terbaik hoki saat ini adalah Akashdeep Singh, Chitrashi Rawat, Sohail Abbas, dan sebagainya.

2. Kriket
Siapa sangka, menempati posisi kedua adalah kriket, yang disaksikan 2,5 miliar orang. Penggemarnya tersebar terutama di 12 negara seperti India, Pakistan, Australia, Inggris, Afrika Selatan, Zimbabwe, Sri Lanka, Bangladesh, Hindia Barat, Selandia Baru, Afghanistan, dan Irlandia. Penonton datang terutama dari negara-negara Asia, Australia, dan Eropa. Terlepas dari turnamen kriket domestik seperti IPL, acara kriket yang paling penting termasuk ICC Champions Trophy, hingga Piala Dunia Kriket dengan jangkauan 400 juta pemirsa.

Pemain kriket terbesar dalam dua dekade terakhir termasuk Sachin Tendulkar, Sourav Ganguly, MS Dhoni, Chris Gayle, Mithali Raj, Jhulan Goswami, dan Meg Lanning, Virat Kohli, atlet kriket asal India, memiliki pendapatan 22 juta dolar AS (sekitar Rp 292,94 miliar).

1. Sepak bola
Berada di posisi puncak adalah sepak bola dengan 4 miliar penggemar. Dari Tiongkok dan India ke Brasil dan Argentina, dari Portugal dan Jerman hingga Inggris dan Italia, sepak bola menduduki peringkat teratas olah raga populer. Piala Dunia FIFA disaksikan 3,5 miliar pemirsa. Liga Champions UEFA dan Piala Konfederasi FIFA juga termasuk paling banyak ditonton dengan masing-masing 1,7 miliar dan 1 miliar pemirsa. 

Beberapa pesepakbola terhebat di zaman sekarang termasuk Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, M. Salah, dan sebagainya.

Pendapatan tertinggi dunia saat ini dipegang oleh bintang Barcelona, Lionel Messi. Dalam kontrak barunya yang disepakati akhir tahun lalu, dia akan terus membela Barcelona hingga 2021 dan mendapatkan gaji sebesar 40,5 juta pound atau sekitar Rp725 milliar per tahun. [Miradin Syahbana Rizky / Maman Soleman / PRM / 06012019]

0 Response to "Inilah 10 Cabang Olahraga Terpopuler di Dunia"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.