IBX59ED8B2FED208 4 Tips Mengontrol Pengeluaran Saat Imlek - Jendela Informasi
Loading...

4 Tips Mengontrol Pengeluaran Saat Imlek


Perayaan tahun baru imlek tentu tidak lengkap tanpa dekorasi dan berbagai aksesori untuk mempercantik rumah atau hunian anda. Ada banyak aksesori dan pernak-pernik imlek yang tersedia di toko-toko serta hadir dengan beragam model yang imut dan menggemaskan. Mulai dari lampion, renda untuk penghias dinding, pohon bambu, pohon mei hua, dan lain sebagainya. Meskipun rata-rata harganya tidak mahal namun jika tidak menggunakan perhitungan yang cermat pengeluaran untuk membeli barang-barang ini justru dapat menghabiskan budget dalam jumlah besar tanpa disadari.

Untuk menghemat pengeluaran ada baiknya jika anda memanfaatkan aksesori perayaan imlek tahun lalu. Jika masih bagus dan dirasa masih bisa digunakan kembali maka tentunya akan mengurangi pengeluaran anda untuk membeli aksesori imlek. Anda juga dapat memperbarui barang-barang ini dengan cara mencuci atau mengecat ulang aksesori yang sudah tampak pudar dan berdebu sehingga tampak bersih dan terlihat baru lagi.

Selain itu anda juga dapat mengandalkan kreativitas untuk membuat sendiri berbagai pernak-pernik imlek yang diperlukan. Seperti mengolah botol bekas air mineral menjadi lampion atau menjahit sendiri renda penghias dinding rumah. Ada banyak sekali tutorial DIY yang bisa diikuti di internet untuk membuat berbagai aksesori penghias rumah. Hal ini tentu dapat menghemat pengeluaran anda sehingga bisa dialokasikan untuk hal-hal lain yang lebih penting. Kalaupun harus membeli sebaiknya perhitungkan dengan matang baik jumlah maupun harganya sehingga tidak menghabiskan budget yang anda miliki.


Gunakan Baju lama, Mix and Match, atau Jahit Baju Sendiri
Pakaian juga merupakan hal penting yang harus dipersiapkan untuk mendukung penampilan yang baik pada perayaan tahun baru imlek. Umumnya pakaian yang digunakan didominasi oleh warna merah dan emas. Tidak mesti baju baru, anda dapat memanfaatkan kreativitas dengan cara mengintip kembali koleksi baju-baju lama yang masih dalam kondisi baik dan memadu-madankannya sehingga koleksi baju lama tampak baru dan beda. Atau jika memiliki kemampuan menjahit anda bisa memodifikasi koleksi baju lama sesuai model fashion terbaru. Ini tentu jauh lebih hemat dibanding membeli baju baru.

Bahkan anda juga dapat menjahit sendiri baju yang akan digunakan pada saat perayaan tahun baru imlek. Tinggal beli bahannya dan jahit sendiri di rumah. Ini tentunya lebih murah dan menghemat pengeluaran. Apalagi biasanya biaya untuk jasa menjahit baju justru lebih mahal dibandingkan harga bahan baju sendiri sehingga tentunya jauh lebih hemat. Dengan cara ini anda bisa tetap tampil menawan di hari imlek tanpa menghabiskan biaya yang besar.


Manfaatkan Beragam Diskon
Adalah hal biasa jika menjelang perayaan hari besar seperti lebaran, natal, dan tentunya perayaan tahun baru imlek berbagai pusat perbelanjaan baik yang konvensional ataupun online menawarkan beragam diskon menarik. Ini dilakukan tentunya untuk menarik pembeli sebanyak-banyaknya. Tidak jarang pusat perbelanjaan atau toko online menawarkan diskon besar-besaran bahkan hingga 90%. Salah satunya situs penjualan online ilotte.com yang menjual produk-produk original dan berkualitas. Berbelanja di ilotte.com memberi pengalaman serasa belanja di mall karena berbagai produk original dan berkualitas yang ditawarkan. Ilotte.com menawarkan beragam diskon menarik untuk berbagai produk dalam menyambut tahun baru imlek.

Diantaranya diskon hingga 67% untuk pembelian produk peralatan dapur, peralatan makan/minum, makanan/kue, hingga barang kebutuhan sehari-hari seperti pembersih lantai dan tisu. Barang-barang ini pastinya sangat diperlukan sehari-hari dan dalam menjalani perayaan imlek. Seperti peralatan dapur yang tentunya sangat diperlukan untuk mengolah berbagai masakan. Atau peralatan makan/minum untuk menyajikan makanan atau minuman kepada tamu. Berbagai produk ini ditawarkan dengan potongan harga menarik sehingga dapat menghemat pengeluaran anda. Selain itu tersedia pula promo diskon untuk pengguna atau nasabah bank BNI, BCA, dan Shinhan Indo yang berbelanja di ilotte.com. Sangat menarik bukan?

Tidak hanya itu tersedia pula beragam diskon hingga 75% dan masih ada tambahan 10% lagi untuk berbagai produk kebutuhan sehari-hari seperti skin care, pakaian, tas, sepatu, dan lain sebagainya dari berbagai merek terkemuka. Ini dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan barang idaman yang selama ini diincar namun terkendala karena harganya yang terasa mahal. Tawaran diskon menjelang hari besar ini merupakan momen yang tepat untuk berburu barang incaran yang harganya dirasa cukup tinggi. Siapa tahu ada diskon sehingga bisa didapatkan dengan harga jauh lebih murah.

Tetapkan Budget atau Anggaran Pengeluaran Saat Imlek
Meskipun ada banyak tawaran menarik menjelang perayaan tahun baru imlek namun anda harus tetap cermat dalam berbelanja sehingga tidak kalap dan justru membeli barang-barang yang sebenarnya tidak anda perlukan. Ya, banyak orang membeli barang-barang yang terkadang tidak dibutuhkannya sehingga tidak terpakai. Namun karena ada diskon menggiurkan mereka membelinya.

Oleh karena itu sebaiknya anda membuat anggaran pengeluaran dan menentukan budget yang dialokasikan dalam berbelanja sehingga dapat mengontrol pengeluaran. Cara lain yang juga ampuh adalah dengan membuat daftar barang-barang yang akan dibeli sehingga meskipun ada penawaran diskon menarik untuk barang yang belum diperlukan anda dapat menahan diri sehingga alokasi budget tidak terpakai untuk barang tersebut.

Dengan cara ini anda dapat mengatur pengeluaran dengan baik sehingga semua barang kebutuhan untuk persiapan imlek dapat dipenuhi dan budget anda teralokasi dengan baik. Anda pun tidak pusing setelah imlek baik karena budget yang menipis atau malah hutang yang harus dibayar akibat mempersiapkan perayaan imlek.

Itulah beberapa tips jitu untuk mengontrol pengeluaran dalam mempersiapkan dan menjalani perayaan tahun baru imlek. Dengan sedikit kreativitas dan kemampuan mengontrol hasrat belanja anda dapat memiliki berbagai barang kebutuhan dengan baik tanpa harus menghabiskan biaya yang besar. Anda bisa tetap tampil menawan, menjamu tamu dengan baik, berbagi angpau dengan anak dan saudara sehingga bisa menjalani perayaan tahun baru imlek dengan sukacita tanpa terbebani masalah keuangan.