IBX59ED8B2FED208 Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dibeli Saat Liburan Kesana - Jendela Informasi
Loading...

Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dibeli Saat Liburan Kesana


Kota Medan ialah kota terbesar di Tanah Air selain Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Kota Medan sebagai salah satu tujuan wisata memang dikenal dengan kulinernya karena nyaris di setiap sudut dipenuhi dengan makanan khas Medan yang punya cita rasa tiada duanya. Banyak pengalaman kuliner di Kota Melayu Deli ini yang dijamin bisa membuat Anda ketagihan. 

Medan yang berada di bagian Utara Indonesia ini adalah salah satu kota niaga lantaran berdekatan dengan Selat Malaka. Bila Anda berencana jalan-jalan ke Medan, tetapi bingung mau membeli buah tangan apa, tak perlu khawatir. Berikut ini referensi oleh oleh khas Medan yang wajib dibeli supaya liburan Anda semakin lengkap dan bikin Anda ingin datang kembali ke Medan.

Maidanii Pancake Durian
Medan memang populer dengan buah duriannya. Nyaris tiap-tiap tahun ada musim durian disana. Buah ini menjadi favorit para wisatawan yang sedang mengunjungi Medan. Bila ingin menikmati dan membawa cemilan durian sebagai buah tangan khas dari Medan, Anda dapat  membeli pancake durian medan di Maidanii Pancake Durian. 

Maidanii Pancake Durian adalah cafe pancake durian paling terkenal di Kota Medan yang terletak di Jl. HM Yamin No. 121, Medan Perjuangan, Medan, Sumatera Utara, WhatsApp: 082274270883. Maidanii Pancake Durian terbuat dari buah durian pilihan asli asal Medan dengan kualitas terbaik tanpa bahan pengawet dan harga terjangkau.

Cafe durian ini menyediakan berbagai macam produk olahan dari durian seperti ice pack, dimsum, durian goreng, daging durian beku, pancake durian, sop durian dan makanan bersertifikat halal lainnya.

Bolu Meranti
Bolu Meranti merupakan bolu gulung khas Medan yang mempunyai tekstur empuk dan lembut. Berbeda sekali dengan bolu gulung jenis lainnya yang biasanya memiliki tekstur kasar dan keras. Dengan krim yang tergulung di dalamnya membuat rasa lezat bolu ini kian komplit. Makanan khas ini tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti mocca, cappucino, cokelat, keju dan lain sebagainya. Harganya umumnya sekita Rp.50.000 - Rp.80.000.


Bika Ambon
Bika ambon juga merupakan oleh-oleh khas dari Medan. Kata Ambon diambil dari nama jalan tempat kudapan ini dipasarkan, yakni Jalan Ambon. Kuliner tradisional lezat ini bertekstur lembut dan memiliki banyak rongga. Bika ambon terbuat dari bahan utama gula, tepung terigu, santan, telur, dan bahan-bahan lainnya. 

Saat ini bika ambon dijual dengan beragam varian rasa seperti rasa original, pandan, cokelat, keju, moka, susu, dan variasi yang lainnya. Kuliner khas ini ditawarkan dengan harga yang sangat variatif mulai dari Rp 38.000 - Rp 85.000, menurut rasa dan ukurannya. 

Kacang Sihobuk
Di telinga masyarakat yang tinggal di sekitaran Medan nama kacang sihobuk sudah tak asling lagi, walaupun sebenarnya kacang ini berasal dari daerah Tapanuli Utara. Banyak wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara menjadikan kacang sihobuk sebagai oleh-oleh khas favorit dari Medan. Kacang ini tidak dikuliti, hanya disangrai lalu dikemas dan dijual dengan harga Rp.40.000 hingga Rp.50.000 di pasar-pasar dan toko-toko di Kota Medan dan Tapanuli Utara. 

Napoleon Medan
Napoleon Medan merupakan oleh-oleh kekinian dari Medan yang digagas oleh Irwansyah, penyanyi sekaligus bintang film Indonesia. Bolu Napoleon tersusun sedemikian rupa sehingga bentuknya kelihatan menarik, seperti umunya bolu yang terdapat di kafe-kafe besar. 

Bolu ‘kekinian’ yang dijual di toko milik Irwansyah ini dihidangkan dengan rasa yang bervariasi seperti red velvet, keju, durian, karamel, cokelat dan green tea. Harga jualnya sekitar Rp.45.000 hingga Rp.75.000, menurut pilihan rasanya.

Jadi, selama Anda jalan-jalan ke berbagai objek wisata di Medan, jangan lupa tuh untuk membeli oleh-oleh khas Medan tersebut buat dibawa pulang sebagai obat penawar rindu terhadap Kota Medan.