IBX59ED8B2FED208 Ternyata Ini Bedanya Pembelian Tiket Kereta Online dan Offline - Jendela Informasi

Ternyata Ini Bedanya Pembelian Tiket Kereta Online dan Offline



Keberadaan internet memang membuka dunia baru bagi masyarakat, ada serangkaian kemudahan yang ditawarkan termasuk diantaranya adalah dalam hal berbelanja. Kehadiran berbagai macam toko online secara leluasa membuat masyarakat lebih mudah membeli barang apapun yang diinginkan hanya dengan bermodal ponsel atau komputer saja. Semakin kesini juga semakin banyak fasilitas yang ditawarkan, salah satu diantaranya adalah pembelian tiket kereta online.

Memang pada dasarnya bukan hanya tiket pesawat saja, beberapa tahun yang lalu, tepatnya adalah 2012 sudah ada aturan baru yang diberikan oleh pihak KAI, dimana pemesanan tiket dapat dilakukan secara online, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantri lama di loket stasiun jika ingin membeli tiket kereta api. Lalu sebenarnya selain sistem pembeliannya sendiri, apa saja yang membedakan antara pembelian secara online dan juga offline ini? berikut yang patut untuk diketahui:

  1. Jenis tiket yang dijual, umumnya pembelian secara online sendiri memang hanya ditujukan untuk kebutuhan tiket-tiket jarak jauh dengan kualitas kereta yang baik, sehingga untuk perjalanan jarak dekat, mungkin ada tiketnya, namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan pembelian langsung atau offline.
  2. Channel atau situs yang menjualnya, faktanya tidak hanya situs resmi dari PT. KAI saja yang menawarkan pesan tiket kereta online ini, melainkan juga ada banyak situs-situs lainnya yang menyediakan hal tersebut. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan bagi masyarakat jika ingin membeli, dimana tidak hanya bisa terpaku pada satu situs saja, apalagi untuk beberapa moment penting tak jarang situs resmi PT. KAI ini error atau tidak bisa diakses karena trafficnya terlalu tinggi.
  3. Bisa mendapatkan tawaran harga promo atau diskon secara lebih mudah, pembelian secara online memang masih memungkinkan masyarakat untuk dapatkan harga tiket promo, namun setelah bertanya kepada pihak penjualan di loket, tidak dengan pembelian secara online, biasanya hanya dengan bergabung menjadi member seperti menginstal aplikasi Mister Aladin saja, maka jika ada informasi harga tiket murah akan bisa langsung Anda dapatkan.
  4. Waktu pemesanan tiket, tidak terbatas juga bagi masyarakat kapan nantinya ingin membeli tiket kereta tersebut, entah itu di pagi hari maupun di malam hari aksesnya mudah, bahkan dalam kondisi yang mendesak sekalipun, sehingga nantinya tidak perlu antri dalam jangka waktu yang cukup lama di stasiun. Apalagi untuk pemesanan tiket mudik lebaran, bahkan sudah dapat dilakukan H-90 hari sebelumnya.

Itulah setidaknya beberapa hal yang membedakan antara pembelian tiket kereta online dan offline. Tergantung dari konsumen sendiri ingin memilih mana yang paling mudah. Satu hal yang pasti dengan adanya sistem pembelian online ini juga dapat menghindarkan masyarakat dari resiko calo.

loading...