IBX59ED8B2FED208 Sedang Membangun E-Commerce? Intip Strategi Digital Marketing E-Commerce Ternama Ini, Yuk! - Jendela Informasi
Loading...

Sedang Membangun E-Commerce? Intip Strategi Digital Marketing E-Commerce Ternama Ini, Yuk!

Kalian pasti setuju kalau saat ini dunia digital begitu dinamis. Perkembangannya terus mempengaruhi setiap pengguna internet. Salah satu contoh nyatanya tampak pada fenomena belanja online yang kian digilai orang-orang masa kini. Perilaku atau kebiasaan konsumen dalam berbelanja secara online berubah dengan sangat cepat. 

Demi mengejar pertumbuhan bisnis, brand atau peritel tak boleh ketinggalan. Peritel wajib mengejar, bahkan sampai beberapa langkah lebih cepat, untuk mengantisipasi perubahan perilaku konsumen. Tujuannya tentu saja untuk menggaet lebih banyak konsumen dan membuat mereka lebih loyal dengan cost yang lebih efisien.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu pemicu mengapa banyak pemilik brand dan perusahaan yang berani bayar mahal ke digital marketing agency untuk memaksimalkan penjualan di ranah online. 

Bagi Anda pelaku bisnis e-commerce dan pemilik online store, kali ini kami akan membahas sedikit beberapa strategi yang bisa Anda terapkan pada website e-commerce yang Anda miliki. Mari kita lihat ulasannya satu per satu ya!

Melakukan SEO Untuk Beragam Keyword

Perlu Anda ketahui bahwa SEO adalah senjata andalan yang digunakan oleh ratusan juta website diluar sana. Ketika Anda memasang SEO yang tepat untuk website yang Anda miliki, maka semakin mudah pula website Anda ditemukan oleh pengunjung.
Untuk kasus E-Commerce, melakukan SEO bisa dibilang susah susah gampang. Ini dikarenakan banyaknya produk yang masuk dalam website Anda. Bedanya, jika Anda memiliki website berbasis media, Anda harus benar-benar fokus dalam satu keyword saja. Tapi di e-commerce Anda bisa berkeksplorasi dengan banyak keyword.

Buatlah kata kunci sesuai dengan seluruh produk yang Anda miliki. Kalau bisa, usahakan untuk memiliki kata kunci umum dan khusus agar dapat mudah direkomendasikan oleh Google. Jika semua produk Anda memiliki keyword yang tepat, tak sulit bagi pengunjung untuk menemukan website Anda.

Produk di Website Harus Terkesan Lengkap

Selai bermain pada SEO dan kata kunci, sebagai pemilik website harus membuat kesan bahwa Website Anda memiliki produk yang lengkap. Menurut beberapa survei loyalitas seorang konsumen tak hanya dilihat dari kemudahan akses menuju website, tapi juga kelengkapan produk website itu sendiri.

Semakin lengkap produk yang Anda miliki, semakin tinggi juga waktu berkunjung dari calon pembeli di website Anda. Dilihat dari beberapa kebiasaan pembeli, mereka terkadang akan terdorong untuk mencoba mencari beberapa pilihan produk lainnya yang mirip dengan produk utama yang sedang mereka cari. Jadi, disarankan untuk membuat website Anda terkesan lengkap.

Alatresto.com, salah satu e-commerce yang menjual berbagai peralatan masak, restoran, mesin pembuat roti dan kitchen equipment lainnya, sangat memperhatikan hal ini. Hampir seluruh produk yang dijual ada terpampang di website-nya, menggunakan foto yang berkualitas dan jelas, dipilah-pilah dalam kategori yang navigatif, untuk memberikan kemudahan visitor dalam mencari produk alat masak yang dibutuhkan.

Proses Check-out yang Cepat

Tidak ada satu pengunjung pun yang senang dengan sistem yang ribet. Ketika hendak membeli sesuatu dari internet, mereka tak hanya mencari akses, harga, serta kelengkapan tapi juga proses check-out yang terbilang cepat.

Hal ini bukan hanya berpengaruh terhadap traffic website saja, melainkan juga loyalitas dari sang pembeli. Bayangkan saja jika Anda adalah seorang pembeli, namun ketika Anda hendak membayar barang tersebut proses yang harus Anda jalankan sangat berbelit-belit. Tentu sebagai pembeli Anda langsung meninggalkan website tersebut dan mencari website yang memiliki proses singkat dan lebih mudah.

Walaupun hampir lebih dari setengah masyarakat Indonesia memiliki akses internet, tak semuanya memiliki kesabaran dan pengertian yang sama. Untuk itu, buatlah sebuah website di mana langkah-langkah yang dilakukan lebih mudah namun tetap aman.

Pakai Fitur Live Chat

Dengan sistem chat online, Anda secara tidak langsung menyediakan akses bantuan kepada pelanggan secara waktu nyata. Sering kali, waktu yang pelanggan habiskan untuk menunggu jauh lebih kecil daripada sewaktu menelepon layanan pelanggan. Lagi pula, masa tunggu tersebut bisa dipakai pelanggan untuk mengerjakan hal-hal lain.

Tambahannya lagi, pelanggan tidak perlu melewati ketidaknyamanan untuk menelepon nomor 1-800, dan melewati proses menyebalkan untuk memencet nomor demi memilih opsi-opsi tertentu.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ATG Global Cunsomer Trend menemukan bahwa 90% pelanggan menganggap live chat sangat membantu. Sementara sebuah survey dari emarketer.com menyimpulkan bahwa 63% cenderung mengunjungi kembali sebuah website yang menawarkan live chat.

Fast Loading Website

Tips terakhir adalah usahakan untuk memiliki fast loading website. Kenapa? Alasan pertama, karena blog yang fast loading itu sangat user friendly, pengunjung blog akan lebih suka mengunjungi situs yang memiliki loading cepat karena alasan kenyamanan dan tidak membuang waktu. Oleh karena itu kenyamanan pengunjung harus diutamakan yaitu salah satunya layanan Fast Loading.

Alasan kedua adalah karena SEO, sekarang ini google lebih memprioritaskan blog yang fast loading salah satunya adalah dengan fasilitas AMP (Accelerated Mobile Pages) yang memiliki kecepatan 4x lebih cepat dari biasanya. Maka mungkin lebih baik Anda memperhatikan kecepatan loading blog, walaupun masih banyak faktor SEO lain yang harus diperhatikan salah satunya konten yang berkualitas.

Nah, ulasan tersebut adalah beberapa tips strategi digital marketing untuk website e-commerce yang Anda miliki! Kesimpulannya adalah sebuah website atau bahkan aplikasi tidak hanya bergantung pada konten berkualitas saja melainkan ada faktor pendukung lain yang membuatnya terus merangkak naik di mesin pencarian.

Hal yang perlu Anda benar-benar ketahui adalah selalu mencari tahu mengenai sifat pembeli Anda. Dengan begitu, Anda tak hanya mampu mendapatkan pembeli dari hasil strategi digital tapi juga personal approach sebagai pemilik bisnis. Setuju?