IBX59ED8B2FED208 Melindungi Aset Perusahaan dengan Menggunakan Asuransi - Jendela Informasi
Loading...

Melindungi Aset Perusahaan dengan Menggunakan Asuransi

Semua bidang bisnis harus menerapkan prinsip manajemen risiko untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga. Perusahaan besar maupun kecil sama-sama harus peduli terhadap perlindungan aset-aset sejak dini. Karena aset perusahaan tersebut merupakan faktor penentu proses operasional bisnis secara berkesinambungan.

Mengelompokkan Aset-Aset Perusahaan secara Teliti
Aset perusahaan bukan hanya benda-benda besar yang mudah diidentifikasi seperti mesin, gedung kantor, dan perabot yang ada di dalamnya. Aset-aset perusahaan lainnya berupa software dan sistem internal juga tak boleh luput dari perhatian.

Berdasarkan statistik global tahun 2008, ada beberapa faktor yang mengancam keamanan digital perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain virus komputer, pelecehan penggunaan komputer, dan vandalisme website. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa 12% ancaman digital perusahaan mengarah pada upaya mengelabui bidang keuangan dan 12% lainnya mencoba meretas password.

Itulah sebabnya Anda harus cermat mengelompokkan aset-aset perusahaan. Supaya nantinya Anda dapat memberikan bentuk proteksi yang tepat bagi aset-aset tersebut.

Menggunakan Asuransi untuk Melindungi Aset-Aset Perusahaan
Kini, pilihan asuransi untuk melindungi aset perusahaan sudah semakin bervariasi. Anda juga dapat mengandalkan broker asuransi yang menawarkan beragam produk asuransi berkualitas. Prosesnya dapat dimulai dengan berdiskusi bersama broker asuransi sebelum menentukan pilihan asuransi sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Broker asuransi profesional akan menggunakan pendekatan untuk mengidentifikasi, mengukur dan menangani manajemen risiko dan kebutuhan asuransi klien sesuai dengan bidang bisnis Anda. Sebab masing-masing bidang bisnis pasti menghadapi risiko yang berbeda-beda. Salah satu jenis asuransi yang dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan di era modern ini adalah asuransi ancaman cyber.

Jangan sampai serangan cyber telanjur melumpuhkan sistem bisnis Anda. Pada kasus yang lebih parah lagi, serangan cyber bertujuan untuk mencuri data-data penting dan menimbulkan kerugian besar. Salah satu contoh serangan yang pernah terjadi yakni ketika virus Ransomware Wannacry menyerang sejumlah rumah sakit di Indonesia dengan mengambil data serta meminta tebusan kepada pihak rumah sakit.

Menyiapkan Budget untuk Asuransi Perusahaan
Kepemilikan asuransi merupakan salah satu bentuk manajemen risiko perusahaan yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda. Itulah sebabnya Anda pun wajib menyiapkan budget yang memadai untuk asuransi perusahaan.

Kemampuan finansial perusahaan untuk membayar asuransi perlu dikonsultasikan dengan pihak broker asuransi. Sebab, broker asuransi dapat merekomendasikan pilihan produk asuransi yang sesuai, tanpa mengabaikan manfaat proteksi yang dibutuhkan perusahaan Anda. Melalui proses analisa risiko yang mendalam, pemilihan paket asuransi terbaik sesuai kebutuhan perusahaan, sampai bantuan proses klaim asuransi akan membantu perusahaan Anda dalam mencegah kerugian lebih dalam akibat risiko yang terjadi.