IBX59ED8B2FED208 Tips Mempertegas Aksen Ruangan dengan Vas Bunga Cantik - Jendela Informasi
Loading...

Tips Mempertegas Aksen Ruangan dengan Vas Bunga Cantik

Jendela Informasi - Bunga-bunga yang berwarna-warni menjadi senjata ampuh untuk mencerahkan ruangan. Akan tetapi, vas untuk menempatkan bunga-bunga itu juga memegang peranan penting. Vas masa kini tampil dengan berbagai desain modern yang berhasil memberikan aksen untuk mendekorasi interior ruangan.

Di dalam suatu ruangan, apa hal yang umum kita lihat? Kursi, sofa, meja, dan lemari? Mungkin ada juga karpet, lampu, dan bufet. Itu memang barang-barang besar yang memenuhi ruangan dengan fungsinya masing-masing. 

Akan tetapi, saat mata kita melihat lebih terperinci lagi, ada satu item desain yang menarik hati, yaitu vas bunga. Ukurannya bisa saja kecil jika dibandingkan dengan furnitur lain. Namun, vas dengan desain modern pasti mampu menghentikan sapuan pandangan kita saat baru masuk ke suatu ruangan.

Desain vas modern ini telah menjadi faktor dekorasi yang penting untuk ruangan yang desainnya serba minimalis. Memang, gaya desain arsitektur dan desain interior yang semakin berkembang adalah modern minimalis. Oleh karenanya, vaslah yang memegang peranan penting supaya interior tidak tampak hampa.

Vas bunga ini bisa ditempatkan di mana saja. Penempatan itu nantinya agak sedikit berpengaruh terhadap pemilihan gaya vas. Meski, tentu saja, gaya untuk aspek dekoratif ruangan sangat dipengaruhi oleh selera yang berbeda pada setiap orang.

Vas itu bisa diletakkan di mana saja. Mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur. Peletakannya bisa di coffee table atau meja tamu. Ini yang memang paling banyak. Selain itu, ada di meja pojok di ruang tamu atau ruang keluarga, meja makan, dan side table pada kamar tidur. Meski side table agak kurang sering diberi vas bunga karena orang cenderung menggunakan meja di samping ranjang itu untuk menyimpan buku dan barang pribadi lainnya.

Semua ruangan bisa menjadi tempat meletakkan vas karena fungsinya untuk mempercantik ruangan supaya desain interior itu tidak terasa datar-datar saja. Ruangan apa pun. Oleh karena itu, vas dengan tampilan modern pun semakin banyak digemari.

Gaya yang sedang disukai memang modern kontemporer. Dia tidak lagi berbentuk bulat seperti gaya zaman dulu. Bentuknya pun tidak lagi sekadar seperti vas yang digunakan di pekarangan. Bentuk yang paling banyak disukai adalah vas yang tinggi. Bentuknya pun ramping dan cenderung bersegi. Kalaupun vas itu berbentuk bulat atau oval, ada detail desain berbentuk geometrik yang membuatnya memiliki sudut-sudut kecil.

Gaya modern kontemporer itu pun sebenarnya memiliki detail gaya yang lebih bebas. Seperti ada vas yang seakan berbentuk lingkaran padahal menyerupai cangkang keong. Ada yang berbentuk seperti tempat tisu. Ada yang berbentuk seperti botol dengan bagian bawah besar sementara leher botol ramping, dan sebagainya.

Penempatan bunga dan dedaunannya pun tidak melulu vertikal, tetapi malah ada yang horizontal.
Gayanya memang sangat bebas sehingga menarik pandangan mata saat duduk di sekitarnya.

Warna dan bahan
Berbagai bahan yang umum dalam perlengkapan rumah bisa dipakai juga untuk membuat vas. Misalnya, bahan kayu, kaca, dan keramik. Namun, untuk membuat vas yang dekoratif, ternyata lebih mudah bila menggunakan keramik dan kaca. Secara estetika, lebih bagus vas yang dibuat dari keramik dan kaca. Kayu juga ada, tetapi bahan kayu agak sulit untuk dijadikan vas yang unik dengan gaya-gaya yang tidak umum. Kayu sulit untuk dimodifikasi ke berbagai bentuk.

Keramik memang bisa tampil sangat bebas dari segi bentuk dan warna. Bahkan, ada vas bunga yang sepintas seperti terbuat dari kayu, tetapi ternyata keramik. Keramik pun bisa dimodifikasi untuk memiliki permukaan kasar ataupun halus.

Untuk kaca, bentuk yang disukai tidak lagi sekadar bulat seperti akuarium kecil. Kaca dimodifikasi menjadi vas tinggi ramping dan bagian atas dibentuk seperti mangkuk es krim. Ada pula vas kaca berbentuk tabung pipih dengan lapisan yang memberi kesan retak ataupun motif floral.

Untuk warna, trennya mengikuti perkembangan tren desain interior modern minimalis. Vas yang
disukai adalah monokrom berwarna abu-abu atau putih. Ada untungnya juga, warna abu-abu dan putih itu akan membuat warna bunga dan dedaunan tampil kontras.

Apakah ruang-ruang di rumah atau kantor Anda sudah dipercantik dengan vas bunga cantik? Vas bisa saja sekadar aspek dekoratif ruangan. Akan tetapi, keindahannya bisa juga membawa sugesti positif bagi siapa pun yang melihatnya.