IBX59ED8B2FED208 Cara Mengajukan Kredit Rumah Dengan Kredit KPR - Jendela Informasi
Loading...

Cara Mengajukan Kredit Rumah Dengan Kredit KPR

Rumah adalah kebutuhan pokok manusia dan memiliki rumah menjadi impian banyak orang. Membeli rumah atau hunian menjadi salah satu tolok ukur pencapaian mayoritas orang, terlebih bagi mereka yang telah berkeluarga. Akan tetapi sayangnya dana untuk pembelian rumah termasuk lumayan besar sehingga membebani proses pembayaran. Untuk itulah, beberapa bank menyediakan program Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dan Kredit KPR BRI salah satunya.

Pembelian dengan cara cash atau kontan memang acapkali merepotkan sebagian besar orang lantaran seseorang menuntut dirinya untuk menyediakan dana dalam jumlah yang besar. Namun jika Anda sekarang memang serius ingin mempunyai hunian idaman, maka saat ini ada cara ampuh untuk itu, yakni dengan membeli rumah secara kredit melalui KPR. Dengan demikian Anda cuma perlu mencicil tempat tinggal yang Anda impikan itu setiap bulannya pastinya dengan besarnya uang yang tak seberapa bila dibandingkan bila membeli secara cash.


Lantas bagaimana cara mengajukan kredit rumah dengan KPR ini? Mari simak ulasan berikut.

1. Temukan Rumah yang akan Dibeli secara Kredit
Untuk dapat menemukan rumah ini, Anda dapat dengan mendatangi bank dan minta informasi tentang lokasi-lokasi rumah yang ada untuk kredit KPR. Boleh juga dengan mencari sendiri rumah atau hunian melalui iklan di majalah, surat kabar, internet maupun survei langsung ke lokasi-lokasi tertentu. Cari beberapa pilihan rumah yang akan Anda beli untuk perbandingan dari aspek harga, kemudahan proses kredit, dll.

2. Tanyakan Semua Hal tentang Rumah Itu
Beberapa hal yang penting ditanyakan diantaranya masalah harga, besarnya uang muka, cicilan, dan biaya tanda jadi. Hal lainnya yang harus ditanyakan adalah apakah rumah tersebut telah dibangun ataukah baru akan dibangun sesudah uang muka dibayar. Perhatikan gambar denah dan desain rumah itu serta lokasinya pastikan dengan benar. Periksalah fasilitas rumah atau perumahan tersebut. 

3. Bayar sebagai Tanda Jadi
Tanda jadi ini seperti halnya tanda booking yang menjadi bukti pemesanan atas rumah/kavling agar rumah yang Anda inginkan tidak kemudian dibeli orang lain ataupun agar harganya tidak naik bila tidak secepatnya dibayar. Biasanya masing-masing developer mempunyai  aturan yang berlain sehubungan tanda jadi ini. 

4. Bayar Uang Muka KPR
Sesudah Anda membayar tanda jadi, langkah berikutnya dari cara mengajukan kredit rumah dengan kredit KPR adalah membayar uang muka KPR. Sebagian developer menyatakan kalau tanda jadi telah menjadi bagian uang muka. Alhasil bila aturannya begitu, maka Anda cuma perlu untuk membayar sisanya saja. Uang muka yang sudah Anda bayarkan ini akan dikembalikan bila pengajuan KPR rumah Anda nyatanya ditolak oleh pihak bank.

5. Ajukan KPR Ke Pihak Bank
Selanjutnya Anda mesti mengajukan kredit KPR kepada bank yang sesuai pilihan Anda. Biasanya pihak developer akan membantu Anda menangani pengajuan ini kepada bank yang telah jadi mitranya. Namun jika Anda memilih bank yang bukan mitra developer tersebut maka Anda akan diminta untuk mengurus sendiri pengajuan kredit KPR rumah ini.

Persyaratan-persyaratan KPR yang mesti dilengkapi untuk proses pengajuan ini diantaranya salinan KK, KTP, surat nikah, surat keterangan bekerja, rekening koran semua tabungan, slip gaji 3 bulan terakhir, menjadi pegawai tetap sedikitnya 2 tahun, dan lain-lain tergantung setiap bank. Sementara itu waktu dalam pengajuan KPR rumah ini sendiri umumnya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama yakni 1 bulan.

Demikianlah 5 cara mengajukan kredit rumah dengan kredit KPR.  Untuk Anda yang hendak membeli rumah dengan cara KPR sebaiknya Anda mengenal terlebih dulu apa saja yang mesti jadi pertimbangan Anda.