Kenali Jenis Pipa Seamless Berdasarkan Cara Pembuatannya




Pipa seamless terbuat dari baja padat yang berbentuk lembaran atau batangan dan dibentuk menjadi bentuk bulat padat yang dikenal sebagai "billet" yang kemudian dipanaskan dan dilemparkan ke bentuk seperti batang penusuk untuk membuat hollow tube atau shell tube. Jenis pipa seamless dikenal karena kemampuannya menahan tekanan lebih efisien dibandingkan dengan metode proses pembuatan pipa lainnya, serta cepat dan hemat biaya. Pipa seamless biasanya digunakan pada saluran gas maupun pipa yang membawa cairan. Karena pipa seamless mampu menahan tekanan tinggi, pipa ini juga banyak digunakan dalam aplikasi tekanan tinggi termasuk hydraulic cylinder, industri hidrokarbon, dan infrastruktur minyak dan gas. 

Dibandingkan dengan jenis perpipaan lainnya, pipa seamless tidak memerlukan pengelasan atau sambungan apapun dan hanya dibentuk oleh billet bulat padat, yang menambah kekuatan dan karakteristik lainnya termasuk ketahanan terhadap korosi. Menurut ASME, pipa jenis ini juga lebih efektif dalam menahan tekanan mekanis dan memiliki tekanan operasi yang lebih tinggi daripada pipa welded / pipa sambungan las.

Secara umum, aplikasi pipa seamless tergantung pada ketebalan dinding pipa. Temperatur yang lebih tinggi diperlukan untuk menghasilkan pipa dengan dinding yang lebih tebal yang mengurangi ketahanan deformasi sehingga menghasilkan defleksi yang lebih besar.

Apa perbedaan antara hot-rolled seamless steel pipe dengan cold-rolled seamless steel pipe?

Berdasarkan cara pembuatannya, pipa seamless dibedakan menjadi 2 jenis yaitu hot-rolled seamless steel pipe dan cold-rolled seamless steel pipe. Lalu apa saja perbedaaan dari kedua jenis pipa tersebut? Apakah pipa baja seamless yang umumnya digunakan merupakan hot-rolled seamless steel pipe ? Berikut ini perbedaan kedua jenis pipa tersebut!

1. Aplikasi Pipa

Baik pipa seamless hot rolled maupun cold rolled sama-sama diaplikasikan sebagai pipa baja umum, pipa baja boiler baik tekanan rendah, menengah, maupun tinggi, alloy steel pipe, pipa stainless steel, dan petroleum cracking pipe. Sedikit hal yang membedakan pipa seamless hot rolled juga digunakan sebagai geological steel pipe sedangkan cold rolled diaplikasikan juga sebagai carbon thin-walled steel pipe, alloy thin-walled steel pipe, stainless thin-walled steel pipe, special-shaped steel pipes.

2. Ukuran yang berbeda

Pipa baja seamless cold rolled seringkali berdiameter kecil, dan pipa baja seamless hot roled biasanya berdiameter besar. Diameter luar pipa seamless hot rolled biasanya lebih besar dari 32 mm dan ketebalan dinding 2,5 - 75 mm. Sedangkan, diameter pipa seamless cold rolled bisa mencapai 6 mm dan ketebalan dinding bisa mencapai 0,25 mm. Keakuratan pipa baja seamless cold rolled lebih tinggi daripada pipa baja seamless hot rolled.

3. Difference in process

  • Jika pada baja cold rolled memungkinkan tekuk lokal dari bagian tersebut, yang dapat memanfaatkan sepenuhnya daya dukung batang setelah tekuk, maka baja hot rolled tidak memungkinkan terjadinya tekuk lokal pada penampang.
  • Baja hot rolled dan baja hot rolled memiliki penyebab tegangan sisa yang berbeda, sehingga distribusi pada penampang juga sangat berbeda. Distribusi tegangan sisa pada penampang baja berdinding tipis bentukan dingin adalah melengkung, sedangkan distribusi tegangan sisa pada penampang baja hor rolled adalah film tipis.
  • Kekakuan torsi bebas baja hot rolled lebih tinggi daripada baja cold rolled, sehingga ketahanan puntir baja hot rolled lebih baik daripada baja cold rolled.

Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Penjual Pipa Seamless Berkualitas?

Raja Pipa Indonesia adalah supplier dan distributor pipa industri terlengkap dan berkualitas. Kami jual pipa seamless berbagai jenis, merk, tipe dan ukuran dengan harga yang ekonomis. Banyak perusahaan telah mempercayakan kebutuhan pipa seamless untuk kebutuhan industrinya kepada kami. Silahkan kunjungi kami di www.rajanyapipa.com sekarang juga.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon